Menuju Forum Indonesia Muda #part 2 Nyaris Nggelandang di Hari Raya

H-2. Masih dibelenggu sama Ujian Sisipan. Masih belajar, masih ngurusin kegiatan, dan masih ngurusin urusan sendiri. *apasih sok sibuk. Rasanya tuh udah pengen berangkat aja ke Cibubur buat refresh skaligus recharge baterai semangat. Ujian dua mata kuliah hari itu, udah melayang-melayang deh pikirannya. Yang oleh-oleh sama kado belum dapet. Yang kontrak belum di print, jaket almat ngga tau dimana. Untungnya, tiket udah di tangan. *pose james bond pegang revolver. Hari jumat pagi akhirnya baru bisa packing, cari kado. Kado ini nantinya buat tuker kado. Disuruh bawa barang khas daerahnya. Akhirnya aku bawa. *mau tau banget yaaa?. Siapin buku juga buat disumbangin ke rumah belajar FIM. Gethuk goreng, mino, gula semut, handband #savesoedirman, stiker ngapak, semuanya kelar. Sambil duduk, pegang tiket dan mulai ngebayangin. Dari Purwokerto, naik kereta jam 9.38. sampai sana, 04.06. Siwi sama Aliya udah turun duluan ntar di bekasi. Sendirian ke Jatinegara. Jatinegara kaya apa ya? Malem. Gelap. Duh!.
Oh, oke, selama masih ada pedagang sama penumpang lain, ngga masalah
. Terus sampe stasiun? Ngapain? Gimana?. Di kereta, sayup-sayup kumandang takbir. Ya, besok pagi Hari Raya Idul Adha. Dari satu mushola, masjid, ke masjid lainnya. Suara takbir terdengar lemah. Cuma suara satu orang dibalik mic. Semoga Idul Adha masih dirasakan semua umat Muslim. Termasuk, besok pagi bisa dapet tempat sholat Ied.
*yang belum kepikir juga
. Hana, FIM 13 dari UNSOED juga, udah di Jkt malem kemarinnya. Temen-temen di chat juga banyak yang udah sampe di Jkt lebih dulu. Sebenernya janjian sama anak senior FIM 2 orang dari UNSOED juga. Tapi, kereta mereka sampai 2 jam sebelumnya. Udah hampir Jatinegara. Berbekal keyakinan intuitif kalo ini jatinegara,ransel digendong, turunlah dari kereta. Tengak-tengok. Liat ke pojokan, ada yang gerak-gerak. *bakul nasi lagi benerin gendongannya. Ah, jalan aja deh. *Sok-sok tau gitu. Ngeliat puntu keluar udah was-was. Nah, akhirnya muncul dari pojokan.
*beneran iniiii. Dua orang temen itu. *aaah, aku selamaaat. Kalungin bunga.
Disana kita tungguin rombongan Semarang. Sambil nungguin, ngeliatin aja kereta eksekutif dengan tatapan nanar. Yah, dari balik kaca kereta, keliatan kaki yang selonjor. Seat 2-2. Kursi dengan busa setebal 10 cm. Sandarannya bisa dimundurin. Selimut menutupi tubuh. Ngga ada kertas koran digelar di lantai. Ngga ada posisi tidur jejek-jejekan kaki sama penumpang di seberang kursi. *sadar diri deh ekonomi. Abis itu liat kereta bisnis. Dan, kesimpulannya. Bedanya kereta ekonomi, bisnis sama eksekutif itu. Kalo ekonomi, lutut kita nekuk, punggung tegak. Bisnis, lutut kita selonjor ke lorong kusi depannya, punggung agak turun. Kalo eksekutif, lutut lurus dan punggung rebahan. Dan tarifnya, demi kepuasan lutut kita, harus dibayar 1 : 5 : 10. *terima kasih PT.KAI Selang setengah jam. Rombongan dateng. Mereka keliatan lebih layak dari kita. *sama juga sih naik ekonomi. Disitu mulai kenal anak-anak FIM. Belum apa-apa, liat seniornya, udah asik banget. seru. Langsung kangen-kangenan. Ahh, asik deh ngeliatnya. Jadi makin ngga sabar. Oke, kita keluar stasiun. Cari masjid buat sholat subuh. Setelah itu, senior FIM dipanggil coordinator buat segera ngumpul. Alhasil, dua orang dari UNSOED itu mesti misah. Duh, kalo anak semarang misah juga gimana nih. Belum tau juga ini mereka peserta atau panitia. Kalo panitia semua. Nggelandanglah udah.
“peserta kan?”
,
“Bukan, aku panitia”
.
“peserta bukan?”
,
“iya”
. Aaaah, selamat lagiiiii. *semprotin bigcola. Tiba-tiba dateng senior FIM 6. *kaya boy angel banget dah. Nawarin buat angkut kita ke rumahnya, sekaligus solat ied. Ya, akhrinya kita ber 9 naik satu kijang ompreng ditambah tas dan koper segede bom bunuh diri. Sampe ke daerah Tamini. Kita sempet solat Ied di Jasa Marga. Rasanya tuh, merantau abis. *maklum lah yang 20 taun kenalnya pwt ajah. Hahaha Cuma bisa ngebayangin kalo gule di rumah udah mateng. Daging lagi ditusukin jadi sate. Ngepul-ngepul asepnya. Yah, ini pengalaman berharga. *hiks. Daaaaaaaan, naik ompreng lagi. Sampailah di Cibubur. Tempatnya anak-anak Pramuka. Tempat camping. Tempat kemah. Tempatnya tuyul dan mbk yul syuting. Tempatnya Indosiar syuting sinetron romance yang adegan cowo-cewe nyanyi dangdut pake dubbing di air mancur. Lari-lari di taman labirin. *pasti tau deh yang nglangganin elang. Nah, beneran. Ini beneran Cibubur. *udik, udik deh. Kita ternyata dapet mess di taman bunga Wiladatika. Pertama kalinya liat muka-muka anak FIM. Daaaaan, excited. Udah ada yang ngumpul kelompok. Ada yang udah nge hit cewe. *ah, nyolong start banget. Ada yang salamin anak lainnya satu satu. Calm, tenang, cari target dulu. *yiaaah, sama ajahh! . Emak, anakmu akhirnya ngga jadi gelandangan, mak!

Komentar