Gunung Tugel dan Bocah di Atas Awan (I)

Purwokerto, Sabtu, 10 November 2012.
Selamat Hari Pahlawan pada seluruh insane yang berjuang tanpa pamrih dan berjasa tanpa tanda. 
Sore ini jadi saat yang amazing.
Main ke negeri di atas awan, Gunung Tugel. Lepas pandang dimanjakan sama hamparan bukit. Jalanan lengang. Tapi, aromanya ngga bisa dibilang seger.
Kaleng, dingdong rusak, besi, dan sekawanan sampah lainnya yang membentuk gunungan berhektar-hektar. Di satu titik, ada yang tingginya sampai 4 meter. Itulah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Purwokerto. Tempatnya truk-truk kuning yang rajin ngambilin sampah rumah kita, berlabuh. Kita sampai sekitar jam 4. TPA masih ramai bongkarmuat sampah. Nimbang. Penyortir (baca: pemulung) kerja ngumpulin kaleng dan plastik. Sampe sana, kita ketemu sama Pak Kaswandi. Beliau keliatannya kerja disitu. Sering main sama anak-anak juga. Di deketnya, ada dua anak kecil. Umurnya 5 taunan dua-duanya.
Alvin sama Arjun.
Arjun, dari jauh. Kecil. Pake baju merah. Bawa jajan tiga bungkus. Kita tawarin jajan, eh malah ngelethuk.
“anu lombo laaah”
(bohong lah) Akhirnya kita pedekate in. si Arjun akhirnya cerita.
Ditanyain, cita-citanya jadi apa?
“jadi ABRI”.
wah, pinter itu si arjun mba. Sekolahnya semangat. Udah bisa cerita pengin jadi ABRI. Pegang basoka”.
Wuuuih. Keren nih si Arjun. Pak Kaswandi cerita lagi tentang Arjun. Dia sering ngajak arjun nonton film tentara. Terus Arjun rajin sekolahnya, ngga kaya Alvin. Arjun ini Bapaknya ngga tau kemana. Pergi ke Kalimantan, udah ngga pernah pulang. Akhirnya ibunya banting tulang kerja mulung disini buat hidup sendiri. Lama-lama. Pak Kaswandi yang cerita.
“Saya punya anak 4. Cowo-cewe.
“ Dikeluarin foto-foto dari dompetnya.
“ini istri saya”
cantik. Muslimah. “
tapi, sekarang udah dibawa orang. ngga tau kemana. Gara-gara facebook”
*astaga
ini anak-anak saya”
*anaknya cantik-cantik, ganteng juga.
Oke, balik ke cerita anak-anak dan misi kita. Niatan awal pengin main sama anak-anak sana. Tapi kitanya kesorean. Mereka biasanya ada jam 2-3 main-main di tumpukan sampah. Sorenya, mereka belajar, ngaji atau main bola. Nah, untungnya nemu bocah-bocah berempat belas yang mau main bola. Okee. Kunci target. Kita samperin, kasih bola karet. *menang, mereka bawanya bola plastik. Ngga lama main, mereka udah mau diajakin belajar. Kita gelaran di tengah sampah. Kenalan dulu ya sama anak-anaknya. Ini Teguh. Favoritku, favorit kita semua. Mirip banget yang jadi CJ7. (film singapur*kalo ngga salah). Dia belum sekolah.
“Mba, mau nulis”
Yap, itulah yang bikin kita seneng. Semangat bangettt. Kita kasih pertanyaan ke mereka, “apa cita-cita kamu?” Teguh mikir sebentar. Senyum. “Polisi”, sambil nyengir nunjukin gigi gupisnya.
“kenapa pengin jadi polisi?”
“soalnya, polisi punya pistol, dorr! hehe”
*pinter juga jawabannya.
“Nulis polisi kepriwe mba?”
Terus pas disuruh nulis hobi masing-masing. Si teguh bingung.
“hobi si apa mba?”
“hobi itu yang paling seneng kamu lakuin”
“hemm. Hehe. Main ke taman kota”
*heeeew. Jawaban itu bikin kita siyok. Iya. Bener. Seharfiah itu arti hobi buat dia. Hal yang bikin dia seneng, ya kalo lagi main di taman kota. Matanya teduh. Tenang. Pinter. Ngga takut sama orang baru. Ya, layaknya anak 5 tahun yang mainnya sama anak SDan, dia suka ditindas. Ngga diajakin main. Tapi, ngga ngambekan. Lucu banget anak satu ini.
Kalo yang ini namanya Bambang.
Dia kelas 6 SD. Tulisannya bagus. Gambarnya juga bagus.
Cita-citanya jadi pemain bola
.
Ya, dia emang jago banget main bolanya. Dulu, 5 bulan lalu, sebelum pindah ke Gunung Tugel, dia tinggal di Bandung. Ikut Sekolah Sepak Bola disana. setelah ikut pindah kesini sama ibunya, dia nerusin SSB di Persegut (Persatuan Sepak Bola Gunung Tugel). Bakatnya perlu diacungi jempol, didukung, sampe dia jadi pemain TIMNAS!. Biar sama kaya namanya, Bambang (Pamungkas). *yoyooy!!
Ini, namanya Agung. Dia rada bingungan. Pemalu. Manja. *hehe.
Mereka semangat banget. kita sampe kalah semangat. *wuss Abis main bola, udah sore. Masih aja bisa teriak-teriak. lucu lagi pas main kertas.
“ini ada kertas. Gimana caranya orang sekelompok, masuk ke kertas. Hayoo.”
mereka mikir keras. Si Rendi nyeletuk,
“lah, si kepriwe, foto terus di foto kopi bae”
(lah si gimana, foto terus di fotokopi aja” Lainnya udah ada yang dibocorin caranya.
“tutupin. Ntar di liat sama kelompok lain”
*semua pelukan sampe kertasnya lecek. Akhinyaa, kelompok akbar, fandi, agung, bambang menaaang. Mereka kompak. Ngga ada rebutan. Semuanya kerjasama. Akhirnya, kertas itu disobek-sobek jadi panjang. Terus mereka semua masuk ke lingkaran kertas. *yeee :D Di akhir, kita speechless.

Komentar