Hunting Durian *di musim mangga

Sabtu, 6 Oktober 2012. hyaaa. tim wara-wiri udah ngga sabar banget pengin main. yap. pokoknya main.
kemana aja asal rame *ditanggung daus
haha. Akhirnya aku ajakin kru wara-wiri cihuy hunting durian. *ngga tau musimnya sih. Ngga tau lokasi persisnya juga. Tim cihuy kali ini banyakan.
Ada mm, aziz, siwi, ane, ridwan, zanil, ugan, memble, daus, dan astuti (dian lilin jojo si nong-nong).
Bermodal penasaran dan hasrat kuat buat melancong. mereka percaya aja sama aku. oke, welcome to the jungle. Di jalan, baru sampe buntu, nanya. Sampe kroya, nanya. Sampe kemrajnjen, nanya lagi. yaa, begitulah cara kita. (caraku?) ah. whatever. Sepanjang jalan , udah ngeliat cikal bakal agrowisata durian di kaliori. (wuhh, makin berapi-api). Di Buntu, udah ada banyak warung-warung durian. hmm, tapi, cuma 2 kios aja yang buka. (hmmmm). Setelah mencari jejak tanda merah dan bendera semaphore (*tepuk pramuka) akhirnya nemu juga. Sebuah jalan kecil di sebelah pasar kemranjen. Masuuuuk terus 500m. Ada tempat kursus TKI Jepang. Nah, bukan itu tempatnya. Kita TKI yang terlalu dini. Di sebelahnya. ya, di jalan setapak ukuran lebar 2 meter. Sentranya durian bhinekka. Durian nyang terkenal legitnya, manisnya, wanginya, pulennya, aiissshh *ngelap iler. Sebuah rumah asri yang dikelilingin ribuan bibit durian. lahan 5 hektar sekelilingnya, duriaaaan semua. (Pohonnya aja).
terus, buahnya? duriannya manaaa?
*cetaarr. Si Bapak pemilik tempat itu keluar. "wah, ini kayaknya dari UNSOED. lagi ngga berbuah dek". wah, si Bapak belum ditanya udah tau ihwal kedatangan kami, kisanak. *yaaahh, tim wara-wiri udah mulai gulung muka. "tapi ada satu ini durian. 5 kilo. tapi udah dipesen orang Bandung"
*sorry modelnya harus daus. huhu. Maaf ya teman-teman. kita ngga paham gejala alam. Tanda-tanda kupu-kupu mulai keluar dari kepompongnya dan laron mulai menggugurkan sayapnya *apasiihh.
ya, musim durian itu ternyata bulan Desember-Februari
For your information yaah. akhirnya kita belajar tentang budidaya durian. "durian ini gampang lho. modal ngerawat sama biji aja, kalo panen tinggal tunggu pembeli datang sendiri" wahh.. terus uniknya durian disini, pohonnya hasil gabungan dari beberapa batang dan akar durian lainnya. jadi satu pohon durian, bisa punya batang dan akar banyak dengan batang tengah tetep satu. ini diaaa
nah, itu juga alasannya, durian ini dinamain durian bhinekka. Karena, banyak varietas durian, digabung jadi satu.
ternyata nih, durian ini udah punya penggemar sampe ke istana negara. ya, asisten istana pernah ada yang calling minta diantar durian ini, pesenannya Pak SBY. woow, terus bupati-bupati, pejabat apa aja yang kunjungan kerja ke Banyumas, selalu disuguhin durian ini. Dan mereka suka. katanya rasanya beda dari durian lainnya. Ada satu pohon yang hasil daging buahnya agak kemerahan. Dan itu pasti bikin mabok duren. *uuuunyam.nyam
http://sphotos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/577346_3774509013399_1474399618_n.jpg "yaa, kalo mau kesini lagi bulan Desember. Lagi panen, disini biasanya penuh pengunjung, pesta durian. bisa booking durian juga". wih, udah cihuy juga ini tempat. okeeeh. kita ngangguk-angguk semangat banget buat dteng lagi Desember nanti. PASTI ! *nabung . nabuuung. Setelah belajar, kita pamitan. Tim cihuy kayaknya ngga rela banget kalo cuma dibikin mupeng sama cerita durian dan durian. akhirnya kita cuss aja nyusurin jalan di Buntu. dan demulah satu kios yang lagi bongkar muat durian. serbuuuu
*mamaf aja ye yang mupeng ngeliatnya. :)) kita ber 10 akhirnya buka 3 geluntung durian. "sinih, kamu bukan jagonya pilih durian" oke, pilihan dia bagus juga.
Duriannya manis, seger, mateng. hmnyamnyam.
yahh, walaupun kantong ngga sejalan sama lidah yang maunya durian mulu. lumayan buat pemanasan sebelum bulan Desember.

Komentar