Petualangan Bukit Tugel

Akhirnya setelah kita rayu-rayu dan selimur pake sepik-sepik rapor, mereka luluh. Mereka mau diajak lagi re-schedule jalan-jalan keliling museum hari Kamis. Kalo aku jadi bocahnya sih, setiap hari bakal aku itungin menuju hari Kamis. Hehe Akhirnya sama anak-anak kita diajak ke gunung tugel. Jadi itu ada jalan aspal kecil, buntu. Di deket gerbang Gunung Tugel, ada bangunan kaya kantor, tapi tutup. Udah ngga ditempatin.
Jalan lagi, masuk ke kebun, ada pohon rambutan, salak, durian nggelantung udah berbuah gitu..
euuuh, enak bet. Jambu, macem2.. tapi emang hawanya dignin banget sih. Beda gitu. Kata anak-anak emang mistis. Tapi, masa bu guru nya ngajarin mikir begitu.
Jadi kita pura-pura berani.
Terus, pas kasol ngajakin anak-anak ke durian, aku takut. Beneran, pas Indra naik, langsung aja tak suruh turun jalan lagi.
Lanjut, ada sekolahan.
Bentuknya sih, kaya ruang pertemuan gitu. Ada ruang serbaguna, ada aula, ada 10 kamar kaya mess, masih ada kursi2 ranjang, masih ada kursi kaya bangku kuliah. Katanya dulu disitu ada SD. Ibunya putri pernah mau sekolah disitu, tapi udah ngga operasi lagi. Diliat dari bangunannya sih, masih di bawah 10 tahun. Rumput belum tinggi, cat masih bagus, gentang masih bagus.
Terus, ada dapur, sama toilet. Ada lapangan paving juga.
Udah konsepya kaya wisma buat pertemuan gitu deh.
Jalan lagi, ada 3 rumah semi permanen. Satu bentuknya rumah panggung kayu, dua lainnya, setengahnya bata. Ngga ditinggalin juga. Di belakangnya, ada sumur dan tempat tinggi kaya penampung air gitu.
Terus jalan, kita ditunjukin menara.
Menara besi di tengah rerumputan tinggi. Wah, udah kaya pulau ngga berpenghuni tuh. Tinggi menara sekitar 8 meter. Ketutupan sama rumah itu. Terus, ke samping, ajaib. Lahan luas banget. Jagung, terong, timun, macem2. Kayaknya ada yang ngerawat. Tapi lagi ngga ada petaninya disitu.. di sebelahnya, ada peternaka ayam gede. Ada truk masuk kesitu. Sekitar 4 kandang besar disitu. Ayam broiler.
Wahhh, naluri reportase langsung muncul.
Putri cerita, di daerah itu, sebelumnya pernah ada demo dari warga. Sengketa lahan mungkin. Terus ada polisi, pada bubar semuanya.
Beberapa waktu kemarin juga liat, ada spanduk, jangan ganggu tanah kami. Itu persis di seberang jalan. Tanah yang pak rawin bilang, itu milik unsoed. Kan jadi kepo abis-abisan. Padahal anggaran buat gunung tugel mungkin masih jalan. Pak rawin juga ngga cerita banyak tentang itu. Ditanya, jawab sekenanya aja. Padahal dikit-dikit biasanya mau cerita. Potensi disana gede banget. sampahnya, lahannya subur, bukit, ditanamin apa aja jadi.
Huh, semoga ada titik terang. Ada sesuatu yang bikin aku harus tetap disana. anak-anak itu jujur.
Oiya, mereka juga cerita, katanya ada yang pernah cari harta karun kesitu, tapi belum ketemu orangnya meninggal. Katanya putri sih. Tapi seru juga nih. Kalo liat tanahnya, emang masuk akal sih. Ahh, makin asik aja, entah ini khayalan anak-anak, atau bukan, tapi seru :))

Komentar