Yeay, Bocah-bocah Tampil di Kampus :)

alhamdulillah... sampai juga mereka di kampus. Anak-anak kebanggaan itu, anak-anak TPA S Gunung Tugel di kampus. #jeng-jeng. akhirnya mereka jadi bintang tamu di acara Dies Natalis Himasae. Lalalala *kehabisan kata-kata deh Mereka tampil nyanyi 3 lagu mulai dari 'Pergi Belajar', 'Indonesia Pusaka', dan 'Bunda'. All team anak ber 9 yang udah dipilih dari latihan, dan aktif ikutan kegiatan setiap Minggu. Sedikit bagi-bagi galau dan buat kenangan yang bakal manis *kayaknya buat diinget. begini cerita dibalik tampilnya mereka ...
 Aku masih inget betul waktu itu malem-malem di kamar. Biasa, sebelum tidur pasti ngelamunin hal-hal yang nyenengin tapi belum tentu bisa kewujud. Malem itu aku ngebayangin, anak-anak itu bisa tampil entah nyanyi, main musik, nari, baca puisi. Bisa di andhang pangrenan, atau di acara-acara. Biar mereka pede. Biar mereka sadar mereka berharga, punya kemampuan dan ngga boleh minder.

 Lewat dua bulan dari lamunan itu. Awal Maret, pas mulai masuk kuliah, mulai coming soon diesnatalis Biwara sama Himasae. Biwara waktunya tinggal 2 minggu lagi. Nah ! langsung kepikiran. Mereka bisa tampil disini. Yap !. tapi waktunya Cuma dua minggu dan belum sempet negosiasi sama panitianya. Sebelum sampai deadline panitia buat ngonsep malam puncak, aku beraniin duluan ngobrol sama mereka. Sampein maksudku, keinginanku buat ngasih kesempatan anak-anak Gunung Tugel tampil di acara mereka.

 Awalnya agak susah mereka nangkep maksudku. Agak susah juga mereka ngebayangin di tengah hingar bingar malam puncak yang isinya band, dance, sama vocal grup dan tiba-tiba muncul anak-anak nyanyi. Oke, aku coba kasih penjelasan lagi sama mereka. Walaupun niatku itu ngga langsung diterima sama mereka. Baru seminggu kemudian, ada panitia yang nemuin dan
“Ya udah bisa mba”. Rasanyaaaaa, fyuh ! lega.

One step done !. Langsuuung cus aku berangkat ke Gunung Tugel. Aku sampein kabar gembira ini ke anak-anak. Mereka antusias banget. Emang ya, mereka lugu banget dan meletup-letup. Mereka langsung nanya-nanya.
“Hah, beneran di kampus mba?”, “Di Unsoed mba?”, “Yang nonton banyak apa sedikit mba?”
Recharge semangatku ada disana. Di anak-anak itu. Aku jadi sadar kesempatan yang menurutku kecil, bahkan biasa, buat mereka sebegitunya. Mereka yang nyadarin aku juga, buat apa aku kuliah. Balik ke cerita, janjian sama anak-anak buat latian hari Minggu pagi. Di jalan pulang, tiba-tiba terbesit, bener ngga ya yang aku lakuin ini? Acaranya malem, dan belum tau jam berapa. Bener nggak ya ngajak mereka keluar malem?. Dan juga, kesana bakal naik apa?. Masalah bener atau nggak, itu jadi beban buatku.

 Besoknya cross check ke panitia, bisa ngga minta jadwal paling awal. Sebelum jam 8. Dan panitia belum bisa kasih keputusan. Duh, makin galau. Kalau tampilnya jam 8 ke atas, bakal pulang jam 9 dan sampe rumah 9.30. sedangkan jalan ke Gunung Tugel itu gelap banget. Lampu utama di jalan raya aja nggak ada. Jadi kalo di tanjakan ke TPA, berasa jalan nggak berujung. Masuk ke gang rumah-rumah mereka, turunan curam hampir 30 derajat. Dan itu sama sekali ngga ada lampu. Gelap gulita. Duh, galau. Ternyata ngga semudah ngajak mereka latian, tampil, selesai. Akhirnya, pertimbangan itu bikin semangatku ciut.

Sabtu siang, aku putusin buat batalin agenda mereka tampil. Aku ngga mau mereka kenal dunia malem. Ngga baik. Mereka cerita sendiri kalo biasanya tidur maksimal jam 9. Dan udah ngga keluar rumah selepas magrib. Minggu pagi berangkat ke Gunung Tugel. Aku bingung cara ngomongnya. Di jalan, mikir terus nyusun kata-katanya.
“hm, lain kali aja tampilnya gimana, kalo pagi atau siang?” huhu. Gimana ini.
“Bu guruuuuuu,”
 itu sapaan rutin mereka kalau motorku sama temen-temen muncul dari ujung gang. itu pula bekal semangatku. Kebetulan hari itu aku dateng sendirian.
 “Mahasiswa lainnya mana bu?”, sapa mba Sumi. Mba Sumi ini komandannya anak-anak.
Hehe geli juga denger ‘Mahasiswa’. Bener-bener bingung ngomongnya sama mereka. Akhirnya aku awalin nanyain kebiasan mereka habis magrib. Sedetail-detailnya. Terus, aku jelasin kalo acara ini bakal malem. Jam 8.
 “Aku pasti boleh mba,” kata Putri. 
Celetukan Putri bikin yang lainnya lirik-lirikan. Aku tanya satu per satu.
 “Indra gimana?” Geleng-geleng,
“Belum tau, kayaknya boleh” Yaudah, Indra dibilangin buat minta ijin dulu. barangkali dia mesti jagain adeknya, Ica.
“Safiq gimana?” “Laah, safiq tah anu ngga diurusin mba sama ibunya,” Putri nyeletuk lagi.
Temen-temen lainnya nge’iya’in itu tapi. Hmm, iya juga sih. orang tua mereka sibuk dan udah capek kalo pulang. Ngga tau protect atau ngga ke bocah-bocah ini. Udah bulat tekadku buat batalin. Udah mau bilang, tiba-tiba Vita nanya,
“Mba, safiq belum apal lagu Bunda” “Mba, nanti orang tua ngga usah ikut lah ya, malu,” sambung Putri. Haduuuh, mereka udah ngebayangin sampe situ. Mereka juga langsung ngajakin latian. Apa daya, aku luluh langsung. Kita mulai latian. Daaaan, suara mereka beneran baguus ! hah, berubah langsung 180 derajat !.
Alhamdulillah, kesempatan ini dateng juga dan dimudahkan sama Allah SWT. :))

Komentar