Kenapa Vanilla?

Yap. kenapa vanilla? flavour yang aromannya kuat banget. Kalo kue, minuman, desert, apapun yang pake flavour vanilla pasti tastier.. bayangin baunya yang smooth, merasuk dan menggelitik kalenjar liur kita.. Buatku, vanilla itu flavour paling enak *kedua setelah cokelat. Yes, never ending chocolate. Cuma kan kalo cokelat itu lebih enak buat dirasain di lidah.. ~mmmmeelted~ gitu. meleleh, belepotan di mulut sampe pipi. *puas banget makan es krim sampe kaya gitu.
Okey, about vanilla. Aroma yang petama kali kecium pas masuk ke toko roti. Entah arena toko roti itu sengaja pasang pengharum ruangan dengan fragrance vanilla gitu, biar bikin pelanggannya terlena atau emang segitu kuatnya daya hisap aroma vanilla. Padahal, rak singgasana putri vanilla itu lumayan jauh dan berdekatan sama ingredients lain yang ngeluarin aroma enak-enak juga. ~uuuh, that's what make you beautifull wahai pastry shop :)~
Sebagai yang ngakunya vanilalovers gitu, kita coba liat sebenernya "What is Vanilla?"
Yep, kalo umumnya di Indonesia, lidah kita lebih akrab ngucapin vanilli. Coba kalo kita disuruh sama ibu buat ke warung atau ke toko beli vanilla, pasti nyuruhnya beli vanilli, atau lebih lokalnya lagi, 'Panili'. Tapi sebenernya itulah vanila.
Nah, dari perbedaan istilah itu, keliatan deh kalo vanilla itu bukan dari Indonesia, tapi miliknya orang Mexico. Tapi nihhh, vanilla Indonesia atau vanilli diakui dunia sebagai yang terbaik kualitasnya dan fragrance nya. ~uwuwuwu.
Jadi, vanilla itu apaa?
yap, ini pun baru aku tau beberapa menit sebelum tulisan ini diposting. ehehe :p
soalnya penasaran, ini buah, daun, batang, apa akar, apa-apaan gitu kan?..
Ternyata, vanilla yang murni itu sebenernya bisa berwujud kacang (vanila bean), buah yang menghasilkan serbuk, dan batangnya.
Naahh, gambar di atas itu bunga vanila. Uuh, cantik ternyata. :3
kalo yang atas ini, tanamannya, versi ditanam di pekarangan seorang warga Indonesia. Dan, uniknya ternyata tanaman ini merambat toh *haha, beneran ini baru tau. Kirain bakal berwujud kaya bunya anggrek, mawar, atau dahlia gitu. Tercermin dari wanginya yang uhhmm. Tapi, ini juga ngga kalah kok sama anggrek putih :)
Hmm, ngga salah kalo belalang, ulet, seneng makanin bagian tumbuhan ini.
Ngga heran juga kalo banyaaak cewe-cewe penggemar parfum yang fragrancenya vanilla gini.. Soalnya emang manis, lembut, betah deh sama aromanya. Hm, banyak dinilai, aroma ini sensual.  *cium kaos kaki disemprot vanilla.
So, buat yang suka mual atau rentan stress, Vanilla bisa melenyapkannya.. *sriiing
Sayangnya, aroma ini masih terbatas buat makana, minuman, dan parfum aja. *sepengamatan dan random observation. Coba kalo ada pengharum ruangan wanginya vanilla, uuh pasti berasa di toko kue setiap hari. Sabun wanginya vanilla, odol, deodoran, detergen, sampe minyak angin gitu.. Ah, smooth banget dunia ini.
Yah over all, vanila itu cute flavour, smooth fragrance, and make us feels like an baker.
Jadi karena kesukaan berlebih nyaris candu aroma toko bahan-bahan kue, dan aroma yang paling mendekati adalah vanilla, you're still the smoothest one for me :3~


Komentar

Posting Komentar