KKN Serba 'Kebetulan'

Desa Tumanggal, selamat ! mungkin aku jodohmu.
Bisa dibilang kecemplung, kepleset, ngga sengaja sampe bisa dapet lokasi KKN di Desa Tumanggal, Purbalingga.

Pilih lokasi KKN ituu, udah kaya pilih-pilih mantu. Banyaaak banget pertimbangannya. *Mungkin yang lainnya biasa aja.

Pertama, ngga mau POSDAYA. Soalnya temen-temen lain pasti rebutan ngejar POSDAYA. Bukan hopeless sih, tapi kasih kesempatan buat yang ngebet memberdayakan masyarakat secara umum gitu.. Barangkali udah punya program segambreng dan *jreng, gagal POSDAYA. Atau ada misi rahasia, dan harus gagal karena makhluk penyusup. Ah, pokoknya ngga POSDAYA.

Kedua, Mau yang beda. Yes, ini antara ngejebak diri sendiri dan adu nasib. Pas pilih-pilih judul, beberapa judul yang 'beda' muncul. Keywordsnya "Vokasi" "Mitigasi Bencana" "Desa Wisata" "Tegakan Pinus" sampai akhirnya niat menambatkan hati ke "Pertanian Organik". *Jangan tanya kenapa, karena ku tak tahuu..

Ketiga, Bayangin KKN itu, kaya mau jadi warga baru. Jadi, menurutku, lebih baik cari lingkungan masyarakat yang istimewa, guyub, egaliter dan ramah. Biar kita juga bisa belajar jadi "Wong Jowo". :)

Keempat, biar KKN jadi kejutan. Nah, kalo kebanyakan temen-temen pengen gabung sama temennya,  atau sama si Doi janjian pilih judul yang sama. Sampe klik daftar KKN pun harus bareng, hmm, jadi mikir, bakal seru kali ya kalo orang-orangnya kita ngga tau. Ngga ketebak gitu, sok-sok misteri gitu deh.

Setelah kesandung-sandung urusan foto salah lah, kalah cepet entry lah, hampir telah bayar, *kebiasaan, sampai ke moment dimana cuma laptop dan aku yang tau. Malem itu syahdu banget. Tiba-tiba senyaap gitu ngeliat kuota judul KKN inceranku FULL. Sementara Desa Tumanggal waktu itu masih (5/11). Artinya, masih ada kuota 6 orang lagi. Tiba-tiba, kaya chemistry at the first sight gitu pas ngulang-ulang Desa Tumanggal.

baiklahh, kalo begini ceritanya, 5 orang yang udah masuk itu, seenggaknya adalah spesies kaya aku juga. Mkhluk-makhluk yang pilih Desa Tumanggal tuh, pasti punya X-Factor. Misalnya nih, mahasiswa yang pengen mencari kehidupan sesungguhnya lewat KKN, terus entry kuota penuh semua, jadi pilih Tumanggal. Atau, Mahasiswa yang saking sibuknya sampai jatuh sakit pas rame-ramenya daftar POSDAYA, mau ngga mau, biar bisa KKN, ya pilih Tumanggal.

Ngga ada kebetulan di dunia ini. Semua Relativitas. Berhubungan.*GagalGoldenWays

yes, percaya aja sama mantra itu. Dan aku makin percaya karena pas ketemu pertama kali pembekalan KKN, it's haah!. setelah 7 tahun, dipertemukan lagi sama temen-temen SMP. Ngga tanggung-tanggung. dari 11 orang tim KKN, 4 orangnya adalah temen se SMP. hahaha.

Belum selesai sampe disitu. Salah satu temen SMP, cewe, punya cowo. Awalnya ragu sih, tapi setelah dikepoin lagi, bener deh. Itu mantannya sahabatku di kampus. Oh My ! Lagi, anggota tim, cowo, anak fakultas sebelah, itu adalah cowonya sahabatku jaman SMA yang sampe sekarang masih main bareng *beda orang- Ohh, itu toh, cowo yang selalu dia curhatin ke aku. ckck.
Ada lagi. Sampe hari pembekalan, aku pasrah karena ngga ketemu-ketemu juga the missing member of Tumanggal Team yang sefakultas sama aku. Pas pembekalan tiba-tiba temen sekelasku, cowo, namanya bradi, nyapa.
"Lani, kamu KKN Tumanggal?"
"Iya brad. Kamu dimana?"
"Sama"
"Hah. seriiiuuus?"
hyaa, ternyata temen sekelas.
What should I call it?

Jadi Tumanggal Team ada
- Lani *aku *aku manusia paling lemah ingatan, semoga ngga ngerepotin temen-temen yaa.
- Intan si arab padang jawa beralis gondrong,
- Opung bang komdis ngga pernah lepas dari rokok,
- Oktoberiman perantau dari Bengkulu yang sipit tapi -ngakunya- bukan Chinese,
- Rahma si jangkung yang dieeem banget sampe suka lupa kalo lagi boncengin dia, hihi
- Henny si Cirebon yang ceplas-ceplos
- Yufi montir handal yang ngga mau dibilang tua
- Anggrin, cewe maskulin yang lupa pembekalan dan cuma bilang, "Hah, ngga tau".
- Nikita tukang jajan yang takut ayam
- Mita yang ngakunya alay dan k-popers abis
- Bradi, kormades kece tapi bingung kapan kita harus ketawa saat dia berusaha ngelawak. hehe

Sekali lagi, kebetulan pun sebuah rencana-Nya. Semoga indah rencana-Mu :))

Medan hutan Desa Tumanggal, *setiap abis tanjakan viewnya mahadahsyaat  ! 





Komentar