Passion and Process


Proses belajar ngga kenal kata berhenti. 
"Kamu mau berproses disini?"
Sebelum nanya orang lain, pikir dulu, pantes ngga diri kita sendiri ditanya kaya gitu?
ah, itu pertanyaan yang justru berat dijawab pas kita ngerasa udah berada di tengah, persimpangan, atau rasa-rasanya mendekati akhir. 
Proses belajar jangan dulu menetapkan akhir. Setiap saat bisa jadi awalan. Terus berjalan. Diam bergerak, tenang berteriak. 
Entahlah. Mungkin terlalu banyak hal yang aku sebut ‘hobi’. Sekedar suka, suka karbitan, atau ditekunin sampe menghasilkan sesuatu. Bisa ngelakuin banyak hal itu, bikin kita makin tertantang buat ngelakuin hal lainnya. Kita jadi siap nerima tantangan yang lebih besar lagi. Sampai kadang malah berlebih dosisnya.
Tempaan ini pasti ada artinya, proses ini pasti ada tujuannya, jadi kaya apa nanti? 
Setiap ngadepin tantangan pasti bakal kesandung, jatoh, bahkan tersungkur. Entah kenapa bukannya bikin kapok, malah bikin makin mikir gimana caranya ngelakuin lebih baik. Apalagi kalo kita laluin bareng temen seperjuangan. 
Ah, Sekarang aku 20 tahun lebih 11 bulan. Belum punya pacar. Masih kuliah semester 7 dengan IPK pas-pasan. 3 tahun berorganisasi. Jalan-jalan ke kota lain. Ketemu banyak banget temen baru, kenalan baru. Dapet ilmu baru, wawasan baru, dan lingkungan baru.
Sangat bersyukur sama keadaan sekarang. Tapi bukan berarti jadi nyaman dan ngga mau berusaha lagi. Ini enak, tapi kepingin lebih enak dan ngajak orang lain ada di posisi lebih enak bareng-bareng. 
Ide makin meletup-letup. Have big curiousity. Entah itu kelemahan atau kekurangan. Rasanya ada ide loncat-loncat di kepala, bengon ngebayangin, digambar di kertas, ditulis dan ditempel di kamar itu, kaya bikin dunia fantasi sendiri. Just for visualization my mind and ideas. Menembus batas ‘mungkinkah?’ menjawab keterbatasan dan mengambil pelajaran sebanyak mungkin. Enjoy your process. That's your choice, That's your way :)


Komentar