Single Touring Wonosobo, Ayey! #Part2

Selama di Wonosobo, let them choose deh mau kemana. Tiga minggu menempa kekecean di Wonosobo, dengan tingkat adaptasi ekstrim kaya mereka, percaya deh udah jadi anak gaulnya Wonosobo. Pilihan mereka jatuh kepada, Ulan-ulan. Yes, itu kata mereka sebutan gaul buat alun-alun. Oke, kata anak gaul, kita ke alun-alun. *sori agak mainstream. 

Dua kali muterin ulan-ulan kemudian baru klik sama tempat parkir idaman. Letaknya persis di depan mobil patroli polisi. Lumayan buat koleksi cerita ke anak cucu nanti, emak dan nenekmu ini pernah ke ulan-ulan Wonosobo. Seperti pengunjung alun-alun pada umumnya, kita pilih buat beli kembang api. Ngga tau kenapa, pengen aja dikira anak gaul gitu. Kita beli seharga 25 ribu. Dapet dua kembang api yang meledak di udara masing-masing 5 kali. *bakar-bakar duit sebenernya.

Momen saat itu keliatannya mendukung. Belum ada anak gaul setempat yang nyalain kembang api. Mas karyawan agak ragu gitu. Tapi ngga ngomong alasannya kenapa. Akhirnya dinyalain aja itu kembang api. Hyah, ini dia. Pas ledakan ketiga, secercah sinar terang langsung nyorot ke arah kita. Kita ikutin sinar itu, kayak senter. Pemilik senter itu, Pak Polisi Patroli !. Udah ketangkep basah kuyup begitu, apa boleh buat. Kita tunggu sampe ledakan kelima. Abis itu langsung ngacir di kegelapan. Untung pak polisi tetep stay cool di posisinya.

Agenda ngegaul kedua adalah sotret-sotret. Ya, bahasa mainstreamnya mengabadikan momen deh. Udah, yang gampang aja ya. Kita foto-foto. Sampe pada foto ke sekian belas, kita kehabisan gaya. Rahang udah ail dan gaya udah abis. Barulah kita memasuki agendan ngegaul ketiga. Naik odong-odooong. Bentuk odong-odong yang kita pilih. Berlampu, menggenjot, berisi 4-6 orang, beberapa ada yang full music. Taraa, kita sebut itu kereta becak kayuh abad (KBKA) 21.

Karena KBKA 21 limited edition cuma ada dua item, aku sama uu pilih buat naik sepeda double passanger *halah mungkin itu namanya. Itu lah, sepeda yang penumpangnya dua, depan-belakang. Kita ngobrolin banyaaak banget. Uu ceritain semua hal aneh yang mereka lakuin disana. Mulai dari PKL gorengin tempe, ngupas carica, bos ganteng kaya chef juna, anaknya ibu kos yang teduh kaya Abizar anaknya alm. Uje, sampe ke rutinitas mereka sehari-hari sebagai santri dadakan.

Mereka ngekos di tempat imam masjid setempat. Religius dan keluarga yang sangat hangat. Ada ibu-bapak yang surgawi banget dan ketiga anak lelaki nya yang ganteng-ganteng. Uu ceritain gimana mereka godain abis-abisan anak kedua, yang mereka sebut Abizar, padahal namanya Duha. Mereka harus subuhan ke masjid setiap pagi. Menempa diri jadi icewoman ngambil air wudhu dari air jernih wonosobo yang sekali lagi, brrrr..

"Solat subuhnya sih biasa, sebentar, tapi doanya sampe bikin kaki semuten dan kita sering banget ketiduran pas berdoa"

Ckck. Dari sepenggal cerita mereka itu, aku yakin masih banyak banget kelakuan-kelakuan aneh mereka. Dan, bener aja. belum sempet ditanya, mereka udah cerita tentang acara Nuzulul Qur'an. Mereka cerita kalo acaranya sangaaat syahdu sampe mereka -lagi-lagi- ketiduran di tengah ratusan jamaah setempat.


"Kita mesti kerudungan. Utel-utel lama banget sebelum berangkat. Udah sampe sana, denger ceramah kaya lagi dikelonin. Kita nggak kuat banget sampe akhirnya tidur".

haduh, ngga kebayang deh 18 hari mereka disana setiap hari kaya apa. Tapi, aku acungin jempol buat kompaknya yang ngga abis-abis sama tanggung jawab mereka.

"Wuh, jangan salah. Kita disini produktif dong. Biasanya ibu-ibu baru selesai goreng chips jam 2 siang, selama ada kita bisa selesai goreng jam 12".

Belum habis cerita-ceritanya, udah keburu jam 11 malem. Nggak enak sama ibu kos masih cekikikan, kita masuk kamar. Niatnya sih mau tidur, tapi mereka punya rencana busuk. Ada yang mereka sebut 'Upacara Penyambutan'. Roman-romannya ga enak, sadis, dan membabi-buta. Apalagi liat pandangan Tyas. Apadaya deh, disini member baru dan mereka yang punya kuasa. Upacara Penyambutan pun digelar dengan aba-aba

"Serbuuuu". *#%$$@#^^^*SENSOR


Komentar