Wonosobo Single Touring, Ayey! #Part3

#Day2 di Wonosobo. Sambil merem melek, jam 03.30 kita bangun buat sahur bareng. Beneran ngga kebayang gimana rasanya cuci muka. Demi membuktikan kadar seberapa icewoman kah aku, jadi beraniin aja cuci muka sebelum makan sahur pake air Wonosobo. Rasanyaa. Ya, Rasanyaa. Tau es batu? Nah, bedanya ini cair dan diguyurin ke muka. Sekejap langsung ilang ngantuknya. Manjur banget !. Trereng, kadar icewomen meningkat satu tingkat.

Senengnya ngga abis-abis. Bisa sahur bareng mereka. Di suasana yang bener-bener beda. Yang pasti, bukan di Purwokerto. Emejing. Momen langka banget kaya gini dan bakalan kita kangenin.

Menu malem itu, ikan asap. Hmm, ibu kosan jago masak juga. Walaupun sebenernya kita masih kekenyangan makan tadi malem, abis buka masih dilanjut makan bakso, martabak dan ngemil-ngemil. Setelah setengah jam berusaha ngunyah, akhrinya selesai juga. Pas banget sama imsak.

"Ini saatnya mble. Kamu harus tau gimana subuhan disini. Berangkat aja cobaannya udara dingin. Ditambah lagi pulang-pulang semuten".

Nurut aja sama mereka. Dea bilang, berangkatnya abis adzan selesai aja, biar dapet shaf belakang dan bisa kabur sebelum semuten. Kita nurut aja. Kita melangkahkan kaki ke masjid dengan santai. Baru beberapa langkah, iqomah.

"He, komat. Lari.lari."
Dea berubah 180 derajat jadi ngga santai banget. Dia lari paling cepet dan istirahat dulu di tengah larinya. Katanya nahan kentut. Sampai di  masjid, udah selesai alfatihah. Sayangnya, tetep dapet shaf agak depan.

"Lah, udah lari, abis adzan, tetep aja di sini".
Nasib belum berpihak sama kamu kali ini ya de.
Selesai sholat, kita berdoa.

"Liat jam ya. ini baru angka 9. nanti doannya selesai di angka 1. kita pulang di angka 12".
haduuh, kacau banget deh ini bocah satu. Ternyata udah mateng banget rencananya. Kiyip-kiyip doang dea selama berdoa. Untung kali ini ngga tidur. Dan, tiba-tiba dea bersuara. Ngikutin doa. Tapi cuma di bagian akhirnya doang. Abis itu, colek-colek dan tengok belakang. Ngajakin kita semua buat keluar. Pulang.

"Hah, liat kan mble. Untung aku belum semuten".
Bocah satu itu emang ada ajaa akalnya.

Abis itu, kita pilih buat lari pagi. Eh, ngga jadi lari. Kita pinjem sepeda Abizar dan adiknya. Kita sepedaan. Nah, ada hikmah yang bisa dipetik dari sepeda pilihan Abizar. Jangan pernah pilih sepeda vixie kalo tempat tinggal kalian berkontur perbukitan atau dataran tinggi yang setapaknya terjal naik-turun. Bener-bener nggak cocok. Rem pake genjotan diputer ke belakang, rasanya kaya berhenti mendadak dan mau njungkir.

Akhirnya sepeda kurus itu lebih sering dituntun. Yah, sembari melatih otot tangan nuntun sepeda. Tadinya curiga juga, kok mereka mau ya keluar, dingin-dingin, pagi, padahal bisa milih tidur. Dan ternyata, alasan mereka bener-bener emang ngga bisa ditolak. Subuh di Wonosobo, artinya golden sunrise yang bersemburat diantara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Gunung kaya lukisan warna biru tua, ngebentuk siluet ditambah cahaya kuning tipis-tipis belum ada matahari. Cantik banget :)

Sekali lagi, sama sekali ngga nyesel kesini. Malah beruntung banget. Dinginnya Wonosobo lama-lama nyaman. Ditambah warganya yang ramah dan temen-temen yang super random. Lengkap sudah.

Masih ada menu penutup perjalanan di Wonosobo. Uu sempet tanya-tanya ke kawyawan dan Abizar. Dan diputuskan kita mau ke Telaga Menjer. Katanya, itu Danau peninggalan purbakala. Dikelilingi bukit dan hutan pinus. Letaknya di jalan arah mau ke dataran tinggi Dieng.

Cuuus, setelah rebutan antri mandi, kita berangkat jam 11.30. Menyusuri kota Wonosobo, masih banyak banget delman dan fesesnya menghiasi jalanan Wonosobo. Naik terus, lebih emejing. Selama perjalanan, disuguhin pemandangan khas dataran tinggi. Di pinggir jalan bisa liat macem-macem tanaman sayur bisa tumbuh. Lembah, bukit, hijaaaau semua. Mulai keren pas masuk ke gerbang wisata alam G.Kelir. jalanannya berkelok-kelok. Udah kaya di manaa gitu. Jauh beda dan lebih lebih lebih keren dari suguhan alam di Purwokerto. Kita naik terus ngikutin pipa PLTA yang diameternya sampai hampir 2 meter.

Daaaan, selamat datang di wisata Telaga Menjer. Disana, pengunjung lagi sepi banget. Kita masuk cuma bareng bapak muda yang kece banget. Dia gandeng anaknya, cewe, usianya baru sekitar 4 tahun. Terus dibuntutin sama anak cowonya, usianya sekitar 6 tahun. Tanpa mamahnya. uwuwuwu :3

Disana kita inget nasehat bapak kosan.
"Telaga itu dalemnya 50 meter. Ada daerah tertentu yang kaya pusaran. Bahaya, takut ada apa-apa. Liat aja, lebih baik ngga naik perahu ya"
Tapii, begitu anak kecil cowo itu manggil-manggil kita biar ikutan naik perahu, Tyas sama Jojo langsung ngeliat ke arah bapaknya, dan spontan ngikutin anak kecil itu naik perahu. Okey, ketegangan dimulai. Itu danau bener-bener dalem. Tenaaang banget sampe horor. Ah, berkat bapak kece dan kedua anaknya itu, suasana bener-bener berubah jadi seru dan santaaai. Si bapak dengan enaknya nyemplungin kaki anak-anaknya ke air. Kita serem-serem ngeliatinnya. Begitulah emang cara seorang bapak ya.

Ini dia foto selama di Telaga Menjer :)
Lani, sasa, sari, tyas, uu, dea :3

Perahu rakit di tengah Telaga Menjer
Menu penutup perjalanan yang kereen. Puas banget rasanya. Abis dari Telaga Menjer, mereka nemenin mampir beli Mi Ongklok. Makanan khas Wonosobo. Kuahnya kental gurih, mie yang lembut dipadu dengan lezatnya sate sapi 10 tusuk. Apadaya waktu belum boleh buat makan karena baru jam 2 siang. Mi Ongklok pun dibungkus buat di makan di Purwokerto. Perjalanan di Wonosobo udahan dulu. Rasanya masih pengen ada episode-episode selanjutnya. Hope it happen :)

Perjalanan pulang ke Purwokerto terasa lebih berat. Keadaan fisik udah kepake semua tenaga buat jalan-jalan. Baru satu jam riding udah mulai pegel. Perjalanan pun milih santai-santaian aja. Sempat berhenti sholat dan isi bensin. Tapi tetep selama 2,5 jam perjalanan ke Purwokerto, bener-bener puas rasanya 'Ini single touring'. Ayey ! -fin.