Dibalik Bikin Cokelat Bareng Mbak-Mbak Cantik :)

Selamat malam minggu.
Apa kegiatan malam mingguanmu?
Semoga kegiatan yang nyenengin bersama orang tersayang (sahabat, keluarga atau pasangan) yaa..

Jumat kemarin (9/5) ada kesempatan ngga terduga yang dateng dari tawaran Mas Standy. Ngisi kegiatan buat mbak-mbak cantiks di Gang Sadar, Baturraden. Jujur, selama 22 hidup dan besar di Purwokerto, sekalipun belum pernah masuk ke gang itu dan juga penasaran. Mas Standy ngajak buat praktek bikin cokelat bareng mbak-mbak disana. Waw, excited karena seneng bikin cokelat sekaligus ragu-ragu. Bakalan diterima nggak ya?

Setelah prepare, bersama Pak Karsim, Mas Standy dan Widya, meluncurlah ke gang. Nanti kita bikin cokelat di Aula Posdaya di dalem gang. Deg-deg-deg. Masuk gang, agak bingung, karena itu beneran cuma gang sempit lebarnya cuma satu meter dan motor ngga boleh dinyalain di dalem gang. Masuk 10 meter, kita ketemu sama pos siskamling. Ada mamih sama bapak-bapak juga. Mamih dengan ramah nyapa Mas Standy,
"Halo sayaang, bikin cokelat ya? nanti aku dikasih yaa," kata mamih.

Masuk ke dalam lagi, isinya rumah-rumah. Dari luar kaya pemukiman padat biasa. Gang-gang kecil bercabang. Rumah-rumah dengan tulisan 'kosong', 'ada', 'tutup' mungkin karena kita dateng siang hari jam 1. Sempat melirik ke jendela salah satu rumah. Wow, dari luar sederhana, tapi di dalemnya ada tv flat 42 inchi. Kita terus belok-belok dan diujung gang, disamping tebing, naah, disitulah aula posdaya. Ruang pertemuan seluas 8 x 8 meter.

Jam 1 kita dateng, dan dua jam kemudian acara baru mulai. Molor satu jam dari undangan. Itu pun setelah Pak Karsim dan Mas Standy nyamper ke tiap rumah. Aakhirnya dateng juga mbak-mbak rombongan pertama, paling gasik dan yang paling semangat pas bikin cokelat. Ada 5 orang mbak cantik. Usianya beragam, ada yang masih belasan tahun, ada yang hampir kepala tiga dan udah punya anak. Mereka baru bangun jam 12an dan baru selesai mandi.

Disusul rombongan kedua yang duduknya misah dari rombongan pertama. Dateng lagi rombongan ketiga. Akhirnya ada 11 orang yang dateng. Cantik-cantik dan HPnya bagus-bagus, punyaku kalah jauuuh. Hehe. Ada yang asalnya dari Pemalang, Bumiayu, Karawang, Ciamis, dan semuanya pendatang.

Alhamdulillah ada segitu karena kesadaran sendiri. Kegiatan ini dinamain Sekolah Komunitas.
Sing Ngaku Ayu, Sing Gelem Sinau
Dibuka dengan kenalan, apa itu LPPSLH dan ngapain ada di gang. 15 menit, mulai ngantuk-ngaktuk, penjelasan selesai, mulailah kita bikin cokelaaat. Kita bawa bahan cokelat putih, cokelat, pink dan ungu. Cetakan 3 macem dari love, hewan, sama yang pake gagang. Kita bawa kompor, panci, mangkok, air panas pinjem tetangga dan segambrengnya itu sendiri (matur nuwun Pak Karsim).

Aku ceritain tentang pengalaman jualan cokelat. Bikinnya sederhana, bahannya gampang dibeli, dan cara jualan tanpa capek yaitu pake agen anak-anak sekolah. Selain buat kegiatan ngisi waktu luang, ngalihin perhatian buat hal baru, sekaligus siapa tau pengen coba usaha nantinya. Pas cerita untung yang didapet bisa buat beli HP, baru deh berbinar-binar.

Cokelat mulai dilelehin dan mbak-mbak dengan suka hati ngerubungin kompor dan ikut bantuin prosesnya. Mulai dari lelehin sampe cetak. Namanya cewe, kalo udah asik ya tambah asik. Hehe jadi seneeng :) Cetakan udah keisi semua, kita pinjem kulkas tetangga buat ngebekuin cokelat dan jalan ke rumah itu naik turun terjal jalan setapak. Hooosh. Pas naruh cokelat itu di kulkas, kebetulan lagi rame. Ada tukang pijet juga lagi mijitin mbak-mbak. Hm, agak sungkan pas diliatin, tapii positive thinking !

Kegiatan dilanjut, Mas Standy puterin video Thailand. ceritanya, ada seorang ibu yang masih sekolah dan anaknya umur 5 tahun. Setiap hari anaknya pulang TK nunggu ibunya selesai sekolah di SMA. Ibu itu ngebesarin anaknya, sendirian. Suatu hari pak guru TK si anak tanya, Bapaknya mana, ngga pernah liat. Akhirnya ibunya cerita. Dia nemuin anak itu nangis di tempat sampah. Diambilnya bayi itu, dibawa pulang, dirawat, sampai akhirnya besar, dan bilang 'I LOVE YOU MOM'.

Mbak-mbak itu lalu ditanya sama Mas Standy,
"Disini ada yang sudah punya anak?"
Sebagian jawab iya. ditanya lagi,
"Sayang sama anaknya?"
Mbak paling ujung langsung jawab, "Banget. Pasti. Setiap ibu sayang sama anaknya"
Mbak itu cerita kalo anaknya Februari kemarin ulang tahun ke lima. Sekarang tinggal sama neneknya. Lanjut Mas Standy tanya,
"Pasti ngga mau terus disini, rencana berapa lama disini, satu tahun, dua tahun?"
Sekarang giliran mbak sebelahnya jawab.
"Secepatnya, kalo bisa sebelum bulan puasa".
Yang lainnya, ada setelah lebaran, ada satu tahun, ada yang belum tahu, mau ngumpulin modal dulu sebelum keluar. Tapi, satu hal. Semuanya pengen keluar dari dunianya sekarang. Kembali ke keluarga, anak dan orang tuanya. Aamiin ya Rabb semoga dipermudah dan disegerakan.

Bikin kegiatan kaya gini, diakui Pak Karsim susah banget. Kadang harus pake metode represif, digedor sama petugas. Kalo ngga ikut, dikasih sanksi. Padahal ini hak mereka, dapat layanan kesehatan, dapet alat pengaman, dapet informasi tentang pencegahan kekerasan, perlindungan dan ada motivasi-motivasi. Ada yang kecapean, ada yang apatis. Hmm...

Di akhir acara, masih ada cokelat lebih dan dikasihin ke mbak yang paling semangat belajar bikin cokelat plus bonus cetakannya. Siapa tau mau praktek bikin, bisa juga dititipin ke warung setempat buat dijual. Mbaknya sampe nawarin buat mampir dulu, soalnya masih hujan deres. Ramah bangeet~

Kadang, semua jalan keliatan kaya jalan keluar. Maksudnya cari solusi, tapi setelah diselami, susah mentasnya. Di satu sisi uang kiriman harus terus ngalir buat nyekolahin adik, atau anak. Biaya hidup keluarga di daerah asal pun ngga boleh berhenti. Di sisi lain, ada keinginan buat 'kembali'. Punya keluarga yang baik dan melanjutkan hidup bukan di tempat itu. Godaan lama-lama jadi candu. Sesama perempuan, yang belum nikah, ada yang cerita, nantinya pengen menikah sama pria baik-baik di luar tempat itu. Sama orang yang saling sayang dan mau setia sama satu pasangan aja. Berkeluarga dan kerja yang baik. Aamiin. Uang yang didapat dari situ buat ngatasi masalah kepepet aja dan nambah modal. Pengen beli motor atau perabot rumah tangga.

Reflektif, kita sama, saat ngobrol sesama cewe. Itu bukan pilihan yang dimau. Tapi terlihat seperti jalan keluar dari masalah mereka masing-masing. Entah sampai kapan profesi seperti itu masih ada. Dianggap meresahkan, bahkan cap negatif bisa melekat terus. Indahnya ngebayangin profesi itu ngga perlu ada. Bisa ngga ada lagi resiko kekerasan sampe penyakit. Adalagi yang ngga keliatan, perasaan.

Walaupun mereka pun termasuk penyumbang pemasukan daerah dari sektor pariwisata. Semoga keadaan bisa lebih baik. Ada lebih banyak alternatif pekerjaan buat mereka perempuan yang hanya bisa pendidikan sampe SD atau SMP akhirnya 'diterima' nya disitu. Entah gimana caranya dan mulai dari mana. Buat kita, siapapun, yang punya niat baik buat mulai bergerak, atau sudah bergerak. Teruskan ! terus bergerak. Ada kekuatan luar biasa yang selalu siap dukung dan lindungi kita, Allah SWT :)







Komentar