Rasanya Skripsi

Tulisan ini dibuat bukan sebagai syarat memperoleh gelar sarjana. Tapi biar ngingetin masa-masa ngambang kaya sekarang ini. Masa berjuang ngerjain skripsi. Udah 6 bulan proses ini berlangsung. Mulai dari salah tingkah pertama kali ketemu dosen lalu dua bulan kemudian menggebu-gebu seminggu konsul 3 kali dan sekarang ini udah hampir 3 minggu ngga nyetor progress. Finally, ditanyain juga sama dosennya, "Itu Lani kemana kok belum ngadep, lainnya udah."
Rutinitas skripsi harus dilandasi tekad baja anti malas dan kebal jenuh. Dosen pergi ke luar kota, kita ikut leha-leha dulu. Off bimbingan sampe seminggu, lalu muncul kembali bersama acc salah seorang bimbingan seperjuangan buat seminar. *keluar asap sulfatara*
Beda banget sama kuliah yang tinggal ngikutin jadwal. Ada seru-serunya juga praktikum terus ujian. *sure, sekarang itu terlihat seru*. Abis kuliah ikut kegiatan segala rupa dari rapat, sekedar kumpul-kumpul, panitiaan, bikin sesuatu.
Aktivitas ngerjain skripsi itu ngga jauh dari baca buku yang berasa amnesia pernah ambil mata kuliah itu. Jodoh emang ngga kemana. Itu peribahasa antara aku sama topik skripsiku. Alat analisis yang dipake adalah penerapan dari mata kuliah ekonometrik. Dulu, suatu hari di kelas ekonometrik, aku ngebatin 'Fiks, ngga akan berhubungan lagi sama ekonometrik selain dari mata kuliah ini'. Alhasil, belajar lagi dari awal. Berbekal pemahaman ala kadarnya, proses proposal diterusin. 4 dari 6 kali konsul ngebahasnya ekonometrik. Sampai proposal di acc, masih ada catatan *acc dengan perbaikan metode analisis. Hiks.
Belum selesai sampai di situ, setelah pengumpulan data yang syukurnya ngga terlalu berkendala, tibalah saat nunjukin hasil penelitian. Ngga tanggung-tanggung, 6 kali konsul dua lembar hasil penelitian sampe ngerasa bersalah sama dosen. Kenapa bisa begitu? tidak lain, sesungguhnya dosen pembimbing itu maha guru mata kuliah ekonometrik !
Proses itu pun lewat. Saat itu walaupun jatuh bangun tapi semangat masih terus menggebu. Sekarang masa penjajahan itu udah sedikit terlewati, tapi belum selesai. Sekarang godaannya adalah nunda-nunda. Sempat ninggalin skripsi satu minggu buat kegiatan lain, rasanya seneng banget dapet rasa lain selain rasa skripsi. Terlenaa lah aku dan skripsi ini udah 3 minggu belum disetor.
Rasanya, cuma pengen nyelesein ini semua dengan baik. Tapi mood justru kebalikannya. Kaya rooler coaster. Naiknya pelaaan banget, turunnya seketika.
Hmm, apa jadinya aku tanpa temen-temen yang selalu nyemangatin cenderung lebih mirip balap-balapan. Bapak yang selalu nanyain progress. Ibu yang selalu nyediain jajanan buat nemenin ngetik dan ajakan jalan-jalan sehariannya. Ke depannya, semoga diberi kemudahan, kelancaran, kesehatan buat nyelesein proses ini dengan baik dan tepat waktu. Aamiin.
Udah lama rasanya ngga ngabisin waktu seharian buat kegiatan yang disenengin tanpa kepikiran. Bukan seharian buat ngetik page demi page masa depan.
Saat ini, pukul hari Senin pukul 20.21 tanggal 5 Mei 2014 revisian skripsi tinggal cetak. Pak Edy ketiga kalinya dan Pak Teguh kedua kalinya. Draft seminar sudah disusun. Proses ini ngga gampang. Buat fokus lagi sama revisian pun baru dua hari lalu. Dikebut nyicil belajar ekonometrik dasar lagi dari hari Rabu sampe Jumat. Sabtu baru mulai buka file 'skripsi bismillahirohmanirohim' dan baru selesai Senin siang. Sempet non stop ngadep laptop dan berkutat sama ketikan ini dari Minggu pagi sampe Senin siang.  Tidur di malam Senin pun kepikiran. Bangun pagi, mandi, garap lagi. Sebelumnya sempet lupa nyimpen file di folder apa. Wew.
Bakal masih banyak kejutan-kejutan ke depannya. Be strooong dan selalu berdoa ! :)
*semoga cerita ini bisa dibaca lagi nanti, saat semua rasa saat nulis ini sudah menjadi cerita haha-hihi.

Komentar