Curug Telu : Sensasi Dikepung Tiga Curug

Jelajah kali ini menuju Desa Kemutug Lor, tepatnya kita akan ke Curug Telu. Yap, katanya di tempat ini ada tiga curug yang saling berdekatan. Ngebayangin aja udah seruu ya :)
Sip kita berangkat dari Purwokerto pukul 08.30. Jelajah kali ini lebih rame dan berencana piknik bawa-bawa terpal dan bekal makanan yang banyak ~uhuy
Dari kota Purwokerto, kita bergerak menuju utara, ke arah menuju Lokawisata Baturraden. Sebelum lokawisata, kita akan ketemu Gerbang Mandala. Nah, tengok kanan maka akan keliatan jalan menuju Desa Kemutug Kidul. Atau jalur alternatif ke pancuran 7. Kaya peta di bawah ini nih *dimulai dari START dan mengikuti panah warna merah ya

Ikuti panah warna merah dimulai dari 'START'
Jalan menuju Curug Telu ada dua, yaitu lewat Desa Kemutug Lor sama lewat BPTU sapi perah (lanjut ke Queen Garden). Kali ini, kita berangkat lewat Desa Kemutug Lor baru pulangnya lewat Queen Garden Hotel. Lanjut ya, setelah belok kanan dari Gerbang Mandala, ikuti jalan sampai menemukan pertigaan. Pertigaan itu menuju ke Sumbang (lurus) dan ke Kemutug Lor (belok kiri). Kita pilih belok kiri. Maka akan ada gerbang Desa Kemutug Lor kaya gini.

Nah, di depan gerbang ini, ada spanduk berisikan informasi wisata di Desa Kemutug Lor ini. Sebenernya ngga cuma ada Curug Telu, tapi ada juga Curug Lawang dan dua curug lainnya (lupa namanya), ada joglo tani, dan kandang ternak komunal. Let's go memasuki gerbang desa. Kita ikuti jalan sampai ke SD Kemutug Lor. Terus saja sampai keluar dari pemukiman warga dan hanya ada sebuah warung dan pos kamling.
Ini dia jalan menuju Curug Telu
Lalu dari jalan ini, kita akan memasuki jalanan berbatu tanpa aspal. Pertengahan Desember lalu, karena udah masuk musim ujan, jebloklah jalan itu. Akhirnya terpaksa ngga bisa bawa motor sampai jauh lebih dalem. Kita pun parkir di halaman warga *jangan lupa bayar ongkos nitip motor ya. Dari sana kita jalan kaki melewati jalan ini ==>
Jalan masih jeblok kena hujan, kita pun puter balik dan akhirnya jalan kaki aja
Mulai memasuki pematang sawah
Kalo jalan lagi bagus, kita bisa parkir sampai di foto atas itu. Lalu lanjutin perjalanan jalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Curug Telu. Sebenernya ada dua jalur menuju curug. Pertama lewat hutan dan kedua lewat pematang sawah. Pertama, lewat hutan. Mungkin karena saat kita dateng, sawah baru digarap, jadi warga setempat enggan kalo kita lewat pematang sawah. Jadilah kita lewat hutan. Sayangnya jalur itu ada turunan yang agak curam dan licin buat dilalui. Kalo jalur lewat pematang sawah, dari lahan kosong untuk parkir, kita ke arah timur (kanan) sedangkan lurus (utara) lewat hutan. Kyaaa perjalanan dimulaaai.
Seger banget melintasi pematang kaya gini yaa

Nah ini turunan curam yang kita turuni *jalur lewat hutan.

ksd
Hyaa sampai di tangga-tangga ini, kita udah hampir sampaai.
Tangganya tinggi-tinggi, cukup pegel nahan beban hidup *eeh beban tubuh

10 anak tangga terakhir menujuuuu.. tadaaa

Curug Telu (3) *foto diambil dari atas (naik ke saluran air)

Curug (1)

I feel free with natural 'nano spray' comes from Curug Telu

Curug ke-2

Baru turun tangga udah disuguhi curug :))

Piknik di depan Curug Telu, semua bekel jadi berlipat enaknyaa ~

Para Petualang Chantiik
Puas sudah meniikmati alam Curug Telu, kita mau pulaang
*tangganya sedikit tapi sekali naik butuh tenaga super,

Helloo :))

Pulang lewat jalur beda (jalur sesungguhnya) viewnya oke punya