Jelajah Cipendok : Nyamar Jadi Pecinta Alam (Part II)

Lanjutin Part I ya..

Berani kotor itu kece :)
Keliatannya memang cuma main-main di sawah, ngelewatin sawah aja gitu. Tapi kali ini, sawah yang udah diinjek 500an peserta sebelumnya. Sawah yang luaaaaas banget. Sawah yang pematangnya licin karena habis gerimis. Kita cukup memperlambat laju kelompok lain disitu. Selain medannya cukup sulit -buat kita bertiga- tapi juga terlalu indah buat dilewatin tanpa foto-foto yang banyaak. haha.

Tanahnya sungguh subur, pada bulan Desember, yang notabene musim hujan, sawah yang di buat terasering ini udah semu ijo mulai ditanami bibit. Ada juga sawah yang belum panen dan tinggal panennya aja.
Di samping aliran air yang deras
Maaf ya mas-mba pecinta alam -sungguhan- kita terlalu sering foto-foto. hihi.

Saluran air *kita optimis semakin dekat dengan sumber air ini
Adanya saluran ini menerbitkan secercah harapan buat kita yang makin tipis tenaga. Setelah semakin sering kita tukeran bawa tas punggung. *Jangan sampai ada yang liat isi tas kita ya, hahaha.
Saluran ini menandakan, kita semakin dekat dengan sumber airnya. Sumber airnya yaituuu, air terjun. Paling dekat adalaaah Curug Cipendok, let's get there !


Tangga menuju gardu air

Setelah menuruni tangga, kita sampai di jembatan kuning. Aliran air sungai ini seger bangeeet. Deras dan bening. Sayangnya kita lupa ngga mencicipi nyemplung di sungai ini. Temen-temen lain sengaja berhenti di pinggiran sungai sambil istirahat. :)
Jembatan *belum tau namanya sungai  apa ini


Aliran sungai di kiri jembatan kuning
Nah setelah melewati jembatan, kita akan dihadapkan sama tanjakan *lagi-lagi tanjakan. Keliatannya pendek, tapi buat naik ini ternyata berat juga.

Petualang tangguh lengkap dengan bendera Pala dan Indonesia

Istirahat dulu di pinggir sawah yang habis panen :) 
Jadi inget masa kecil, jaman main-main di tengah jerami. Ngebayangin kalo jerami ini kasur empuk. bisa buat guling-guling dan sembunyi. Pulang-pulang gatel~ hehe

Siap panen -makin berisi makin merunduk-

Naik, naik dan naik
 Pemandangan di sekitar cukup mengobati cape. Di titik ini, kita udah kesalip sama tim nomor 230 an. Yap, sampai kloter terakhir pun udah nyalip kita. Mereka mencari juara dan udah biasa melintasi ini. Kita mencari pemandangan dan spot foto. hihii
Satu-satunya jalan di desa ini. Kebayang mau sekolah pun jauh sekali

Hasil bumi, bertundun-tundun pisang

Cape, sekaligus menikmati, Uu feels free~

Keluar dari jalan cor-coran itu, kita masuk lagi ke persawahan
 Disana kita ngobrol dulu sama pak tani yang lagi nyiangi padi. Bapak niku sanjang (jawa : bilang)
"Bade teng curug nggih? ngatos-atos, menawa mangke mendung terus jawah dados wonten dalan banyu, mending ampun mriku nggih"
Translate kurang lebih :
"Mau ke curug ya? hati-hati, kalau nanti mendung terus hujan bisa jadi ada jalan air, lebih baik nggak kesana"
lagi-lagi kehawatiran itu ditunjukkan sama Bapak tersebut. Katanya pernah ada yang nggak ngedengerin peringatan dari warga dan tetep kesana aja di tengah hujan. Jatuhlah korban.
Ijo royo-royo
Kali ini tanjakan sungguh kerasa makin berat. paha dan betis makin ketarik. Sedikit-sedikit berhenti. Disini aku dan siwi memutuskan untuk menjadikan Lintas Alam sebagai petualangan pertama dan terakhir dengan medan seberat ini. Kemampuan kita masih di level curug telu dan paling banter kaya curug pengantin. Udah tiga jam kita jalan dan belum juga sampai ke pos, curug atau lainnya. Dan kita makin ketinggalan di belakang.
Still okey, siw?
 Keluar dari sawah, kita masuk ke hutan. Terus naik dan kaki ini udah makin pelan. Di satu titik, mulai gerimis dan kita bertiga bener-bener sendirian. Aku mulai cemas. Kita harus minta bantuan atau lanjut sekuat tenaga gabung sama tim lain? Untung ada mas-mas baik yang bergantian nemenin kita. Mulai dari mas panitia yang nganter sampe titik pinus ini, dilanjut mas peserta kelompok lain. terima kasih :')
Hutan pinus *tanda ketinggian makin bertambah
Ternyata banyak yang lagi istirahat. Disini kita disapa sama mas-mas yang tertarik pengen nyobain kamera. Nggak sengaja dia liat curug. Katanya itu mirip banget sama curug di Jawa Barat, dan nggak nyangka kalo itu curug adanya di kalipagu, Baturraden. Dia udah pernah kesana. Sebaliknya, dia pun nunjukin foto-foto curug lain yang ada di hapenya. Waaah, udah banyak yang dia kunjungii. 
Seru banget ketemu sama orang-orang ini. Para penikmat alam ini. Dan kali ini dari 700an orang yang kita temui, bener-bener ngga ada yang pernah kenal sebelumnya :) halo teman baru.

Melintasi jembatan melewati sungai kecil


Mengalir, kita semakin dekat dengan sumber air
Dari sini, kita dibantu banget sama Mas Dani. Kita ditemenin karena tinggal satu kelompok aja di belakang. Kalo mereka nyalip, ya fiks kita ada di paling belakang. Dan kalo ditinggal, haduduuh. Mas Dani pun udah ditinggal jauh sama kelompoknya di depan. Dia memilih untuk ngebantu panitia buat jadi tim sapu. Atau tim yang ngebantu peserta terakhir. hehehe

Tangga dan tangga, naik lagi lagi dan lagi. 
"Udah deket kok, itu udah keliatan"
Wah wah waaaah iya beneran setelah tangga dan kita berhenti berkali-kali di tangga itu, sampailaaaah.
Curug Cipendok rasa perjuangan meraih kemerdekaan.

Ini dia penolong kita, Mas Dani

Berhasiiiil 

Ilang seketika capeknya :)
Disini banyak banget tim. Ternyata mereka juga lama-lamaan disini. Bahkan ada yang mandi-mandian dulu. Sedangkan kita diperingatkan buat ngga turun. Kita nurut aja, karena memang mendung banget dan baru aja gerimis. Air curug pun lagi gede. Hwaaa, air menggerujug 72 meter di hadapan kita. 
Selalu takjub sama pemandangan di sekeliling curug.
Dikelilingi tebing yang seolah dibentuk kaya cekungan mangkuk. Ciptaan-Nya yang luar biasa. 
Ini ya rasanya meraih sesuatu dengan perjuangan :)
Rasanya kaya waktu nemuin curug Pengantin dulu.

Halo Cipendok, Enjoy it :)

Makan yang anget-anget dulu, kita laper berat.
Sampai di sini, jam udah menunjukkan pukul 15.00. Kita udah jalan dari 09.50-15.00 wooow, hampir 5 jam !. Kita ngobrol sama yang lain, katanya jarak tempuh 5 jam harusnya udah bisa sampai pos 3 bahkan finish. Sedangkan kita baru sampai Cipendok. Pos 2 pun belum. Tiba-tiba tim terakhir melintas di depan kita. Udah deh kita jelas banget yang terakhir. 

Aku sama siwi udah ngga kuat lanjutin perjalanan. Kita mulai cari cara buat ke lapangan Desa kalisari tanpa harus jalan kaki melintasi pos 2 dan 3. Bisa-bisa malem hari kita baru sampai :(
Tiba-tiba kita disapa. Sama mas-mas yang sedari tadi motret kegiatan. Namanya mas @MufidMajnun. Kita yakin mas ini adalah wartawan. Walaupun ngga ngaku juga :p

Mas Mufid ngga ikut jalan, tapi udah nyampe Cipendok. 
Kita pun nanya cara sampai ke lapangan Desa kalisari tanpa jalan kaki.
Tapi malah dimotivasi buat terus jalan.
Dibayangin ada bukit teletubies, pemandangan bagus, jalan ngga terlalu naik dan ada makanan di pos 3. 
Semua itu sama sekali ngga menggoyahkan niat kita.
Daripada bikin susah panitia. 

Sambil nikmatin PopMie yang rasanya jadi enak banget di tengah lelah dan ngadep ke curug, kita sepakat ngga kuat lagi lanjutin lintas alam ini. 
Oke, ini rencana-rencana kita :
1. Nyari panitia dan minta dianter pake motor *terlalu merepotkan juga. 
2. Cari angkutan umum *ternyata ngga ada angkutan ke Cipendok. 
3. Jalan aja ngikutin jalan besar, siapa tau ada pick-up atau tossa ngangkut sayuran dan kita lambaikan tangan minta tumpangan. oke, kayaknya ini bisa. 
4. Mulai PDKT sama salah satu keluarga disitu dan ujung-ujungnya minta tumpangan juga.
Oke, kayaknya yang terakhir boleh dicoba. 

Selesai makan, kita jalan santai ke pintu keluar. Pas banget kita keluar, tiba-tiba datang pick-up dan ada beberapa panitia. Tanpa pikir panjang, langsung ajaa kita larii ke pick-up. Peserta lain udah nggeruduk naik. Kita ngga mau ketinggalan. 
"Mauuu naik inii"
haha udah ngerengek aja.
Akhirnya kita bertiga ada di dalem pick-up. 
Rasanyaaa, aaaah kita selamat. Kita bisa pulang. 
*terharuuu

Pulang :)

Perjalanan ini terpaksa berakhir, daripada kita yang berakhir di tengah hutan nantinya ya. 
Padahal masih ada bukit teletubies, masih ada tempat produksi tahu dan tempat menarik lainnya. 
Oke, next time saat kita lebih siap dengan jalur langsung nyampe aja yaa :))
Terima kasih pengalamannya.
Uu, siwi, kita luar biasyah :)


Komentar

  1. Wah mantap nih,kapan2 ngetrip bareng yuk..saya jg suka kegiatan jelajah alam

    BalasHapus

Posting Komentar