Ruby Longan, Si Merah Primadona Baru

Pernah lihat kelengkeng tidak berwarna cokelat? Ya, kini muncul spesies kelengkeng baru di Indonesia, dialah kelengkeng merah atau Ruby Longan.Kemunculan Si Merah di awal tahun 2014 langsung memikat para pecinta flora khususnya tanaman buah. Spesies kelengkeng baru bernama Ruby Longan ini jumlahnya masih terbatas di Indonesia. 

Ruby Longan muncul di Indonesia berkat seorang pemburu tanaman langka asal Bogor yaitu Ricky Hadimulya.Ia mendapat bibit kelengkeng hasil perburuannya di negeri Paman Sam. Berbeda dari spesies kelengkeng lainnya, spesies yang berasal dari Amerika Serikat ini merupakan tanaman yang tahan tumbuh di dataran rendah dan panas.


Menurut Prof. Roedhy Poerwanto, peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropis Institut Pertanian Bogor yang dikutip dari majalah Trubus edisi Mei 2014, menduga mutasi yang menghasilkan lengkeng merah karena fenomena bud spot, yaitu perubahan genetik atau mutasi. Karakterisitik asli fenotip (sifat yang tampak) memiliki kulit buah berwarna cokelat. Akibat mutasi pada sel di mata tunas, warna resesif merah pada lengkeng dari induknya pun muncul.


Sel yang bermutasi tersebut membelah diri dan akhirnya membentuk jaringan dan organ baru. Seluruh sel dari batang, daun, bunga, hingga buah akhirnya memiliki gen yang sama. Jika kondisi demikian maka tanaman tersebut dapat diperbanyak secara vegetatif dan menghasilkan tanaman yang seragam. Bermula dari beberapa bibit yang berhasil dikembangkan oleh Ricky Hadimulya, kini banyak orang mulai tertarik memperbanyak Ruby Longan.


Pertama melihat wujud tanaman Ruby Longan di Kebun Bibit Trubus, heran juga karena warna daunnya merah kecoklatan. Perbedaan ini cukup kentara jika disandingkan dengan bibit kelengkeng lokal. Di Kebun Bibit Trubus, bibit tanaman berukuran sekitar 50 cm itu laris manis meski jumlahnya masih terbatas.

Intip Ruby Longan disini ==> 

Toko Trubus Online

http://www.trubus-online.co.id/


Agar Ruby Longan dapat tumbuh dengan baik, batang bawah disambung dengan kelengkeng lokal. Masa tumbuh hingga tanaman berbuah hanya sekitar dua tahun. Rasa buah ruby longan pun diklaim lebih manis daripada jenis kelengkeng lain. Tingkat kemanisan ruby longan mencapai 21 brix. Hampir menyamai kadar kemanisan anggur terbaik yang berkisar 20-21 brix.

Keunikan dan jumlahnya yang masih terbatas, membuat harga tanaman ini fantastis. 
Bibit tanaman ini dibandrol dengan harga Rp 5 juta rupiah per pohon ! Angka yang cukup fantastis untuk meminang sebatang pohon kelengkeng. Bibit tanaman di Kebun Bibit Trubus (Cimanggis) diklaim sudah berhasil dibuahkan di Jabodetabek. 

Ngga sabar merasakan manisnya Si Merah ini. 

Hmm, harga buahnya pun pasti fantastis ya :D

Lani/Trubus Cipta Swadaya



Sumber : Toko Trubus Online
http://www.trubus-online.co.id/





Komentar

Posting Komentar