Dolan ning Semarang, Ndes ! #Part 1


11 Maret 2015
Lawang Sewu -yang sbeetulnya museum kereta- tapi lebih terkenal horornya
Belum ke Semarang kalo belum ke Lawang Sewu. Yap, tempat ini udah jadi icon kota Lunpia. Tertebus juga rasa penasaran dari tempat 'horor' ini. haha

Masuk ke tempat ini, kita cukup beli tiket seharga Rp 10.000. Sampai di loket, coba mendekat, wangi kembang semerbak dari lubang loket. Mbak dan Mas yang ramah berbaju batik akan nawarin jasa pemandu keliling Lawang Sewu cukup bayar Rp 30.000 sambil dengerin cerita sejarah dan cerita pengalaman-pengalaman mistis dari tempat ini.

Oyaa, tips ke lawang sewu. Bener-bener suggest buat ngga pergi sendirian. Mas penjaga loket sukses bikin aku pikir-pikir buat pake pemandu, buat temen di dalem bangunan berusia  lebih dari seabad itu. hihi. "Yakin mau jalan sendirian mba?" yaa, walaupun siang hari, udah kena sugesti horor duluan. Lebih penting dan penting banget kalo pergi sendirian, siapa yang mau fotoin woy? Ini tempat punya buanyak banget spot foto bagus.

Syuting video klip pun oke
Dari loket, gagahnya bangunan ini udah bisa dinikmati. Arsitekturnya khas banget penjajahan *eh Belanda maksudnya. Saat itu, Lawang Sewu masih dalam tahap maintanance. Dinding beberapa ruangan di cat ulang, pintu dan jendela di cat ulang. Biar kondisi begitu, biar workday, dan biar siang terik tetep pengunjungnya rame banget.

Ternyata, banyak banget yang bisa dilakuin disini, ini pilihannya :
1. Belajar sejarah perkeretaapian di Jawa dari stasiun tertua
2. Foto Pre-wed
3. Foto yearbook
4. Foto OOTD
5. Syuting video klip *tugas anak SMP jaman sekarang
6. Uji nyali malem-malem
7. Piknik
8. Modusin pengunjung lain *bonus lah
Pintu, pintu dan pintu

That's why tempat ini disebut lawang sewu (pintu seribu) karena bangunan ini buanyak banget pintunya. Satu lorong bisa sampai 10 pasang daun pintu.







Pameran jepretan di salah satu ruangan




Ada sebuah ruang pamer, atau ruang pajang karya fotografi. Ini juga salah satu ruang favorit. Masuk ke ruangan ini munculah dilema. Foto-foto keren ini sayang banget kalo ngga dinikmatin satu-satu secara seksama, tapi hemm sendirian. Haha walhasil kalo ada pengunjung lain, bisa senyum-senyum sambil nikmatin foto. Giliran ruangan kosong ngga ada pengunjung lain, tengak-tengok sambil ngeguman nyanyi sendiri.

Stasiun KA di Jawa, dari masa ke masa

Tangga ulir marmer

Framing tiang
 Naik ke lantai dua, pemandangan super kereen. Kita bisa liat bangunan utama seutuhnya dari atas. Dua sayap dan porosnya. Pengunjung yang lagi foto-foto atau becandaan di bawah.
Bangunan utama terdiri dari dua sayap

Can you feel 'them'?
Beruntungnya, tempat ini lagi ramai hilir mudik pengunjung. Ada rombongan besar anak sekolah, rombongan kecil keluarga, karyawan, atau anak muda yang dateng bareng temen-temennya. Jadi ngga berasa uji nyalinya. *yaiyalah siang-siang :p

Ngga terlalu banyak foto yang diambil di lantai dua. Yap, kuputuskan buat jalan sendiri tanpa pemandu. Tapi sampai di lantai dua, rasanya mulai aneh. Liat ke lorong rasanya bukan serem, tapi sedih, gelisah, ngga mau liat ke lorong itu. Beda sama lantai satu, masih bisa enjoy masuk daru satu ruang ke ruang lainnya. Ke lantai dua, walaupun ada pengunjung lain dan tukang yang lagi ngecat ualng dinding, langkah ini ngga bisa selesai sampai ke ujung lorong. Hm, entah ada apa sama lorong itu jaman dulunya. Sebabnya, aku cuma sensitif di rasa dan efeknya ke mood, atau kaki yang tiba-tiba berat.
Maket miniatur Lawang Sewu

Suka banget sama lorong-lorongnya, *tercetus pre-wed
-cari-cari calon di kolong meja-
Paduan warna keramik, bata di dinding, cat dinding, pintu, Nice !
Cukup ya rasa aneh di dalem lorong lantai dua itu. Kita ke luar aja buat nikmatin arsitekturnya yang menawan banget deh. Pintu dan jendela besar. Susunan keramik dan warnanya. Bata di dindingya, semua berpadu jadi lorong yang keren buat foto pre-wed. Apalagi pake kostum a'la noni Belanda, lengkap sama sarung tangan sepanjang siku, dan topi lebarnya. Bersanding sama pria holland berjas putih dan kumis tergulung. Lalu gentayangan. Okey gagal fokus, cukup sampe situ aja imajinasinya.

Yuk nonton video KA jaman doeloe kala




Museum, koleksi : foto, alat ticketing, masin kasir, seragam dan lainnya
Nah, ini dia sebenernya bangunan utama dari Lawang Sewu. Museum kereta api. Ada banyak ruangan disini. Dimulai dari ruang buat nonton video tempo doeloe kereta api di Jawa. Bergeser, kita akan liat koleksi benda-benda kuno museum kaya tiket jaman dulu, mesin buat cetak dan periksa tiket, seragam, mesin kasir, dan miniatur-miniatur kereta api.
Foto koleksi museum, stasiun KA dulu kala
Mesin pencetak tiket


Miniatur kereta uap

Tempo doeloe, captured in black-white

Lokomotif
Buat penggemar kereta api, bakal betah banget di bekas stasiun legendaris ini. Bisa ngerasain langsung bangunan stasiun yang megah dan bukti kejayaan di masanya. Bangunan masih kejaga keasliannya, dan koleksinya juga ditata dengan apik. Masuk ke setiap ruangan-rangannya bisa dapet feelnya. :)

Dulu pernah berjaya

Terima kasih adek yang udah mau fotoin :)

Setelah puas di balik kamera, minta tolong fotoin :p

Pintu keluar -under renovation-

Salah satu spot favorit :) sayap lain dari bangunan utama.
*kepikiran pre-wed lagi
Dari mulai masuk loket, ngga perlu bingung kemana-kemananya. Karena udah ada jalurnya. Pertama kalinya masuk, kita bisa ke gedung B dulu, lanjut ke gedung utama, lalu keluar lewat sayap  kanan bangunan utama. Viewnya disitu kereeeen. Tengok kiri, bangunan awal abad 19, tengok kanan udah pusat kota semarang yang kian modern.

Bangunan tiga lantai tampak gagah dari samping
1908

 




















Prasasti

 Djiwamu bagaikan Sajap
Pendukung Tjita-Tjita Bangsa

Raga Bagaikan Alas
Kemerdekaan Nusa


Tut tut gujes gujes

Tiga pintu depan

Sampai ketemu lagi di lain kesempatan, pastinya ngga sendirian :)

Komentar