Indo Green Forestry Expo 2015




Papua Barat, saking banyaknya yang minta foto, dia jadi icon pameran 

Beginilah sisi lain serunya kerjaanku, ngunjungin pameran-pameran buat belanja ide :)

Salah satunya pameran kehutanan 'Indo Green Forestry Expo 2015'

Pameran kali ini, kontennya adalaah
 The 7th International Exhibition on Forest Product, Services, Technology, Forestry Investment, Business, Forest Safety & Forest CSR.

Selama 4 hari penyelenggaraan pameran 15 - 18 April 2015 kita bisa menikmati kekayaan hutan Indonesia. Bener-bener kaya hutan kita. Papan, sandang, pangan bisa dihasilkan dari dalamnya. Satu lagi yang ngga kalah penting, yaitu energi. Energi dari hutan.



Energi dari hutan Indonesia
Pepeda, masakan khas Papua Barat





Pameran yang dihelat di hall B Jakarta Convention Center kali ini mengangkat tema Kedaulatan Pangan dan Energi Terbarukan.

Acara selain pameran ada dialog, bedah buku tentang tanaman obat indonesia, dan seminar-seminar saslah satunya tentang jelajah 25 destinasi unik di tanah air dan wisata taman-taman nasional yang ada di Indonesia. Ada juga seminar soal hutan mangrove dan bukan mangrove. Buat adek-adek yang masih sekolah SD ada lomba lomba menggambar dan berkreasi dengan kokoru.

 Masuk ke arena pameran, nuansanya hijau dan akrab. Yap, akrab khas hidup di alam. Banyak kekayaan hutan dipamerkan dari kayu-kayu langka, tanaman langka, buaya, batu-batuan, dan buah langka.

Ngeliat produk-produknya juga unik-unik. Misalnya aneka olahan mangrove dari sirup, kue kering, sampai keripik. Sagu olahannya dari tepung, kue kering, mie sampai jadi macaroni.

Senengnya lagi, pengunjung pameran penuh ramai sama anak-anak sekolah. Anak-anak diajak mengenal hutan, alam, kekayaan bahari juga.
Semangat banget mereka dateng ke satu stan ke stan lain, tanda tangan dan dapet merchandise.
Yoo, semangat dapet merchandise :p

Buatku, banyak pengalaman berkesan dari dateng ke pameran ini.  Bisa icip masakan papua yang namanya Papeda, nyicip buah hutan kalimantan yaitu Ihau dan Lai, sama nyobain makan sarang lebah madu. Iya, ngga cuma madunya, tapi sama sarang-sarangnya. Dan semua ituu, eeeeenaaak.

Ngeliat stan taman nasional, pengeeeen banget rasanya bisa ngunjungin semua tempat itu.
Pengen tau gimana penangkaran orang utan, pengen ngeliat hewan langka langsung dari habitatnya. Pengen tau juga, gimana orang-orang hebat disini berjuang melindungi hutan Indonesia :)



IHAU, buah asli hutan Kalimantan Barat
 Ihau, buah asli Kalimantan. Sebutan lain Iahu adalah si mata kucing. Coba kupas buah ini, bener-bener mirip banget sama kelengkeng. Si mata kucing ini rasanya manis. Orang banyak menyebutnya kelengkeng Kalimantan.


Buah Lai
Sekilas, pasti orang akan sebut buah ini durian. Ternyata buah ini namanya buah Lai, merupakan varietas unggul nasional yang berasal dari Kabupaten Kutai kartanegara. Kulit buahnya berwarna kuning dan duri tidak tajam. Bedanya dari durian, daging buah Lai berwarna kuning kemerahan dan baunya ngga sekuat durian. Tetep endes dan creamy kok :)

Ini dia energi terbarukan dari hutan.
Aneka sumber biodiesel
Belajar kayu-kayuan
Kerajinan dari sisa-sisa kayu dan cengkeh


Finally, makan sarang lebah madu, haha enak bangeeet

Komentar