Takjubnya Menginjakkan Kaki di Pulau Paling Selatan Indonesia, Rote !


  
 




Rote, pulau terluar di sebelah selatan Indonesia yang patut banget disebut penggalan surga. Coba deh Googling ketikkan keyword 'Rote Island'. Liat apa yang muncul. Taraaa, lautan biru dengan ombak menggulung-gulung berpadu sama langit yang ngga kalah jernih. 

Pulau Rote masuk di wilayah Kabupaten Rote Ndao. Nama kabupaten ini diambil dari dua pulau besar di dalamnya yaitu Rote dan Ndao. Kalo sebut dua pulau itu, dua hal yang lekat di tiap-tiap pulaunya. Ombak dan tenun. Kabupaten ini sebenernya nggak cuma punya dua pulau, tapi ada 96. Iya betul, sekali lagi sembilan puluh enam. Dari sebanyak itu pulaunya, hanya 8 pulau yang berpenghuni termasuk Pulau Rote. 

Berada di pulau eksotis selama Kamis sampe Senin di pulau yang aduhai di November 2015 lalu bener-bener jadi moment yang amaziiing banget. Perjalanan dimulai dari Bandara Soekarno Hatta buat flight dini hari. Jarum jam menunjukkan baru pukul 02.30 dini hari saat pesawat tinggal landas. Ngga papa deh, neng rela tidur di bandara biar ngga ketinggalan flight. Waktu itu, naik maskapai singa yang ajaibnya nggak delay saat itu. 

Hiiiiy can't wait. pengen buru-buru sampe. Tapi jangan dehh, karena ternyataa semakin terbang ke timur itu pemandangan dari udara makin keren. Butuh waktu tempuh 3,5 jam dari Jakarta sampai ke Bandara El Tari Kupang. Amboi masih ngga percaya sama apa yang diliat dari atas sini. Setelah ngelewatin Jawa-Bali-NTB, penampakan pulaunya berubah dari hijau jadi kecoklatan. Saat itu masih kemarau, bukit-bukit di NTT pun keliatan gersang banget dari atas. Tapi ada keindahan di saat kemarau. Langit jadi bersih nan cerah kaya wajah P*nd's. Lautan jadi keliatan jernih dan jelas banget perbedaan warnanya dari dangkal ke dalem. Dari pantai pasir putih, lalu ke laut dangkal yang warnanya hijau, beririsan sama warna biru laut samudera. Perfect !

Ahh, masih pengen melayang-layang di udara rasanya. Tapi flight attendance lewat pengeras suara kasih tau kalo pesawat mulai meninggalkan ketinggian jelajah. Makin dekat ke bandara El Tari, pemandangan gersang semakin keliatan. Pohon-pohon tinggal ranting tanpa tersisa daunnya. Rumput di bandara pun berubah warna jadi cokelat. Entah kenapa, itu pun keliatan cantik. Semuanya cantik deh di pulau ini. 

Waktu menunjukkan pukul 06.30 WITA saat roda pesawat merayap di Bandara El Tari Kupang. Kerasanya jadi kaya 4 jam penerbangan ya? hehe itu karena perbedaan waktu WIB ke WITA nambah 1 jam. Sebenernya ada penerbangan dari Jakarta langsung ke Bandara DC Saudale di Pulau Rote berangkat cuma 3 kali seminggu, berhubung trip (baca: liputan) ke Rote bukan pake modal sendiri, ya nurut aja sama yang bawa. 

Nahh, buat melanjutkan perjalanan dari ibukota provinsi NTT lanjut ke Pulau Rote, kita let's go heiho ke pelabuhan Tenau buat naik kapal ferry express. Ini dia pelabuhan Tenau

Alternatifnya ada ferry express dan ferry lambat. Kami naik ferry berwarna kuning cerah bertuliskan Bahari Express. Wihihi excited banget naik kapal ferry express. Ukurannya nggak terlalu besar karena isinya penumpang semua, bisa nikmatin membelah lautan yang ombaknya cukup berasa waktu itu. Kata kaka awak kapalnya, Bahari Express itu kapal paling bagus buat nyebrang dari Pelabuhan Tenau ke Pelabuhan Ba'a di Rote Ndao. Jangan khawatir, setiap hari kapal ini bolak-balik kok nganter pelancong. Naik kapal cepat ini cuma butuh waktu 1 jam 40 menit. Sedangkan kalo kapal lambat, kita bakal terombang-ambing selama 3 jam 40 menit. 

Bermodal tiket VIP seharga Rp 190.000 kita dapet ruang penumpang ber-AC dingin, ada TV sekitar 32 inch buat karokean. Jangan ngarep ada lagu Charlie Puth, Meghan Trainor, Ed Sheeran, atau Adele yah. Koleksi awak kapal ini eighties to nineties. Enaknya ada di VIP itu, kita tepat berada di belakang ruang kemudi. Selama kapal melaju, kita bisa masuk ke ruangan itu buat ngeliat ujung kapal ngebelah lautan antara arus Laut Sawu dan Laut Timor. Tjakeeep bangeeet.

Buat yang lebih suka angin-anginan sambil ngopi atau nyeduh popmie bisa bergeser ke ujung belakang kapal. Di bagian itu bisa ngeliat buih-buih lautannya. Wiiiiiy kaya ini niiih.
 Selama perjalanan di atas kapal, kita bisa liat gugusan pulau-pulau kecil yang masuk ke wilayah Rote Ndao. Setelah 1 jam 40 menit, menepilah kita di Pelabuhan Ba'a. Rasanya mata dimanjain bangeeeeet deh. Di pelabuhan aja airnya jernih, karang-karangnya keliatan, udah banyak ikan-ikan nemo juga. Keluar dari pelabuhan, agak jarang ngeliat angkutan umum. Ngga ada bis, angkotpun jarang. Taksi juga wujudnya kebanyakan kendaraan pribadi plat hitam, ada juga ojek. 

Sebenernya kemana sih tujuan trip (liputan) ini? hehe sabar dulu. Masih perlu waktu 1 jam 20 menit. Kita mau ke Pantai Nemberala. Dari namanya sih cocok buat bikin karakter kaya Lilo and Stich yaah. *Apasih

Mobil carteran plat hitam pun kita tumpangi buat menuju ke Nemberala. Matahari lagi terik-teriknya. Ditambah pemandangan gersang itu udah bukan dari udara, tapi sejajar di darat. Memang bener-bener gersang. Tanah berbatu, pohon tersisa ranting, dan debu pasir di jalanan. Tinggal tanaman kayu-kayuan dan lontar aja yang bisa bertahan. Tapi tetep aja pemandangan itu keliatan cantiiiik.

Sekali-kali mobil terpaksa  ngerem mendadak. Pertama, jarang ada rambu lalu lintas. Kedua dan tantangan utamanya itu ada shaun and family yang tanpa permisi lewatin jalanan. Paling susah kalo ada sapi. Sambil goyang-goyangin buntut dan jalannya pelan, kita harus sabar nungguin sapi itu lewat. Ya makin sabar aja kalo sapinya ada selusin haha.  
 

Ayolaaah sampaai cepetan. Ngga sabar pengen eksplor pulau yang katanya terkenal banget tenun ikatnya. Katanya surganya para surfer sampe-sampe surfer Australia bikin resort di sini. Lewat tengah hari, akhirnya sampai juga di Anugerah Resort. Resort itu juga yang punya surfer Australia. Namanya juga Anugerah Surf and Resort. Letak resort ini deket banget dari pantai Nemberalla. Cukup jalan kaki aja lewatin jalan setapak atau nyusurin pantai di belakang resort.




Wow ! melongo sambil tengak-tengok seisi resort. Nggak terlalu luas, tapi rasa Rote nya dapet banget. Lantainya dibiarin aja berpasir. Ngga ada pager tinggi, ngga ada resepsionis cantik, ngga ada vallet service. Ah lupakan itu semua ! yang ada keramahan, suasana Rote banget :) suka sekalii. Kamar-kamarnya ada yang di bangunan tembok beratap genteng seperti bangunan pada umumnya. Tapi itu ngga seru. Kaya gini nihh yang seru. taraaa





 

Beruntungnya,  di kamar beratap daun lontar inilah kita menginap. Yeaaayy..
Lantainya keramik, ada pintu sama jendela kayu. Tapi atapnya itu lhoo yang asik banget. Masuk ke dalem, kita pikir bakal panas, ternyata sama sekali nggak. Walaupun cuma ada kipas angin satu biji digantung di tengah ruangan, tapi ademnya semriwing~

Ada dua kasur berkelambu (kain putih buat ngerubungin kasur) dan lemari. Just it perabotan di dalemnya. TV mana? Kulkas mana? Yes, nggak ada. Kita di sini bener-bener buat menikmati alam. Angin udah ada sepanjang hari. TV nggak perlu, karena mata udah dimanjain pemandangan keren sepanjang waktu. 

Yuuk jalan-jalan yuuk ke belakang resort. Udah senyum-senyum kegirangan pas ngebuka pintu belakang. Emang ada apa? Ada iniiii kawan.  

Ini baru hari pertama, hari kedua dan selanjutnya? lanjut di tulisan berikutnya yaaaaa :)










 



Komentar