Rote : Pantai, Tenun, Sasando, Rumput Laut dan Langit Biru :)


Minggu, 8 November 2015 
-Nemberala, Rote Ndao-

Banyak banget hal menarik dari Pulau Rote. Terutama alamnya apalagi pantainya. Nggak heran kalo sepanjang selatan pulau ini, selain ada pantai cantik, berjejer resort-resort eksotik. Sebenernya Rote ngga melulu soal pantai. Itenary wajib kedua setelah pantai adalah tenun. Nusa Tenggara Timur terutama Rote Ndao udah dikenal banget jadi surga pemburu tenun. 

Seneng banget bisa menyambangi salah satu kampung tenun yang ternyata sentra tertua di Pulau ini. Namanya sentra tenun ikat Kampung Sebelah Kali, Kelurahan Namodale, Kabupaten Rote Ndao. Pelancong apalagi para gadis hingga emak-emak pasti doyan deh kesini. Sure, cantik-cantik banget tenunnya. Bener-bener etnik, ibarat batik di Jawa, corak-corak tenun pun punya karakter di masing-masing daerahnya. 

Selain di Rote, ada sentra tenun yang bener-bener asli dari tempat tinggal mama penenun yaitu Pulau Ndao. Banyak tenun didatangkan dari pulau itu. Mereka jual kainnya di Ndao, dari Ndao dijual lagi ke Kupang. Hampir semua mama di Rote dan Ndao bisa menenun. Kalo ngga bisa menenun, belum lulus jadi wanita Ndao katanya.

Tenun bener-bener magnet daya tarik pelancong. Ngeliat langsung proses bikinnya dari helai demi helai benang. Ada kain yang terbuat dari benang sutra, masrais dan katun. Kain-kain ini butuh waktu sampe dua minggu buat nyelesein satu lembar ukuran sedang. Sayangnya, proses pembuatannya masih pake pewarna kimia jadi kurang ramah lingkungan terutama limbah bekas pencuciannya. Mama penenun ini cukup adaptif, dinas dan pegiat tenun mulai banyak yang ngadain pelatihan tenun serat warna alam. Para mama belakangan udah dikenalin pewarnaan alami dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar Ndao. Mereka pun udah bisa produksi pewarna alami sendiri. Jadilah sekarang udah ramah lingkungan dan warna-warna tenunnya juga makin beragam. Bisa cokelat, ijo lumut, merah bata, sampe warna-warna pastel. Makin cantiiik deh tenunnya.


  

 Nah, beruntung banget dateng ke tempat ini pas lagi ada event besar ngumpulin 300 penenun dari seluruh Rote Ndao. Ratusan mama penenun ini ngikutin Swarna Fest atau Festival Serat Warna Alami 2016 dari Kementerian Perindustrian. Mereka semua berkumpul di pinggir pantai Nemberala, menenun pake alat tenun gedokan baru yang dikasih kementerian. Amaze bangeet liat mereka para mama menenun sebanyak itu orangnya. Kan jadi bisa liat ratusan tenun jugaa :)


FYI, tempat ini sama sekali belum pernah buat bikin event besar apalagi festival macem ini. Baru pernah ada deretan stan-stan perajin tenun berdiri di atas pantai Nemberala. Rasanya kaya di Brasil atau di Maldives laah. Niiih kaya gini niiih

Tenun udah, atap daun lontar udah, pantai udah, satu lagiiii pelengkapnya. Sasando dan alat musik tradisional lainnya. Ini wujud paket lengkapnya. Pemuda-pemuda Rote main musik kenong, pake topi khas rote, pake kain tenun, di pinggir pantai di bawah atap daun lontar. Perfectoo !


Pemandangan unik ini mengundang daya tarik pelancong manca yang kebetulan lagi vacation di sana. Satu per satu dateng dan ternyata lumayan banyak juga. Ngga cuma wajah0wajah Aussie, tapi wajah Asia juga banyak.

Ssstt, ada satu hal yang belum banyak orang tau tentang Rote. Awalnya juga nggak 'ngeh' ini di dasar pantai ada apaa ya. Kok ada patok-patok kayu, ada jaring-jaring. Ternyata di sepanjang pantai ada budidaya rumput laut. Nelayan di Rote belakangan makin banyak yang sekaligus budidaya rumput laut. Saking banyaknya rumput laut di sini, sampai-sampai disebut sentra penghasil rumput laut terbesar di Indonesia.


Next Article : The Best Sunset Ever ! :)


Komentar